Sukses

Parenting

7 Tanda Anak Menderita Cacingan, Kenali Sejak Dini Mom

ringkasan

  • Memiliki kualitas tidur yang buruk
  • Mengalami penurunan nafsu makan
  • Anak yang sering batuk dan tidak kunjung sembuh

Fimela.com, Jakarta Anak merupakan kebahagiaan tersendiri buat setiap orangtua. Memiliki anak yang tumbuh dan berkembang dengan baik menjadi kebahagiaan tersendiri buat orangtua. Namun sayangnya, tidak sedikit anak yang dalam masa pertumbuhan dan perkembangnya mengalami masalah kesehatan mulai dari paling ringan hingga paling serius.

Cacingan menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi anak-anak. Ini juga menjadi salah satu masalah yang membuat orangtua merasa geli sekaligus khawatir.

Melansir dari laman theasianparent.com, ada beberapa tanda bahwa anak menderita cacingan. Kenali sejak lebih dini dan cari solusinya Mom. Meski kelihatannya sepele, cacingan merupakan masalah kesehatan yang cukup serius jika dibiarkan begitu saja. Berikut tanda anak cacingan.

Tanda Cacingan Pada Anak

  1. Anak yang menderita cacingan kesulitan memiliki kualitas tidur yang buruk. Ini karena anak tidak merasa nyaman saat tidur.
  2. Anak yang menderita cacingan juga akan mengalami penurunan nafsu makan.
  3. Perut sakit dan perubahan tinja menjadi tanda selanjutnya dari masalah cacingan pada anak.
  4. Dalam beberapa kasus anak yang sering batuk dan tidak kunjung sembuh adalah tanda cacingan. Batuk ini kemungkinan besar terjadi karena telur cacing mengganggu sistem pencernaan anak.
  5. Pada anak perempuan yang cacingan, akan timbul kemerahan dan gatal di area sekitar organ intimnya.
  6. Anak yang sudah makan banyak tapi badannya tak kunjung gemuk juga bisa menjadi tanda dia menderita cacingan. Anak yang menderita cacingan akan kekurangan vitamin serta mineral meski nutrisinya tercukupi dengan baik setiap harinya.
  7. Untuk cacingan yang telah parah, Mom bisa melihat adanya cacing tipis berwarna putih di anus atau sekitar pantat anak.

Mom, itulah beberapa tanda cacingan pada anak yang bisa diketahui dengan mudah. Jika telah menemukan tanda ini, jangan segan untuk segera memeriksakan kondisi anak ke dokter atau klinik terdekat.

Cacingan yang dibiarkan saja bisa memengaruhi kesehatan anak termasuk memengaruhi tumbuh kembangnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim