Sukses

Parenting

5 Cara Agar Anak Kembali Semangat Sekolah Setelah Liburan

ringkasan

  • Banyak anak malas sekolah lagi setelah liburan
  • Orangtua harus cerdas membujuk anak
  • Jadikan sekolah sebagai tempat menyenangkan agar anak semangat sekolah

Fimela.com, Jakarta Liburan telah usai, saatnya anak-anak kembali ke aktivitas semula yakni sekolah. Gimana nih Mom, apakah buah hati sudah siap buat kembali masuk sekolah? Atau justru ada banyak drama yang dilakukan anak sebelum berangkat sekolah?

Liburan panjang terkadang memang membuat anak terlalu nyaman di rumah dan bermain. Tugas orangtua adalah membuat anak tetap semangat pergi sekolah dan melupakan sejenak liburan yang dinilai begitu menyenangkan serta membuatnya sangat nyaman.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak kembali semangat sekolah setelah liburan dalam waktu lama.

Persiapkan Kebutuhan Sekolah Anak

Cara pertama adalah persiapkan segala kebutuhan sekolah anak. Seragam, alat tulis dan keperluan sekolah lainnya sebaiknya dipersiapkan sebaik mungkin sebelum anak berangkat sekolah. Bila perlu, berikan anak keperluan sekolah baru karena ini kemungkinan besar akan membuat anak semakin semangat sekolah.

Antar Anak Hingga Sekolah

Mengantar anak ke sekolah akan membuat anak merasa sangat bahagia. Sesibuk apapun aktivitas Mom dan suami, jangan lewatkan momen mengantar anak ke sekolah hingga pintu gerbang sekolah. Anak yang diantar orangtuanya akan merasa nyaman, senang dan tenang.

Minta Anak Tidur Lebih Awal Saat Malam

Anak yang tidur lebih awal akan lebih mudah dibangunkan saat pagi. Usahakan untuk meminta anak tidur lebih awal setiap harinya. Ini jaga-jaga agar anak mau bangun lebih awal dan dia bisa punya waktu mempersiapkan diri ke sekolah lebih banyak.

Minta Anak Tetap Belajar Saat Liburan

Mintalah anak tetap belajar saat liburan. Belajar selama liburan akan membuat otak anak tetap berkerja dengan baik. Dengan tetap belajar selama liburan, ini akan membuat anak tak kaget jika mendapat pelajaran lagi di sekolahnya.

Bangun Persepsi Bahwa Lingkungan Sekolah Tempat Menyenangkan

Nasehati anak bahwa sekolah adalah aktivitas yang sangat penting buatnya. Bangun persepsi bahwa lingkungan sekolah adalah tempat yang menyenangkan buat anak. Pastikan anak memiliki guru dan teman-teman yang menyenangkan di sekolah sehingga ia begitu semangat bertemu kembali dengan guru serta temannya setelah liburan lama.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak kembali semangat pergi sekolah setelah liburan lama. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menyiapkan Anak Hadapi Hari Pertama Sekolah Tanpa Drama!