Sukses

Parenting

4 Tips Memompa ASI dan Melancarkan Produksinya agar Melimpah

ringkasan

  • Sesuaikan dengan Kenyamanan Diri
  • Beri Stimulasi
  • Menggunakan Dua Pompa

Fimela.com, Jakarta Memompa ASI mungkin terasa sulit pada awalnya. Tapi bila dilakukan dengan persiapan yang baik dan teknik yang tepat, kita bisa memproduksi ASI dengan hasil yang melimpah. Ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan supaya proses memompa ASI bisa lancar dengan tetap mengutamakan kenyamanan.

Berikut ini empat tips dasar yang bisa dicoba untuk memompa ASI dan melancarkan produksinya. Khususnya untuk para ibu bekerja yang perlu meluangkan waktu khusus setiap harinya di tempat kerja untuk menyiapkan stok ASIP untuk buah hati, coba ikuti beberapa hal ini.

1. Sesuaikan dengan Kenyamanan Diri

Tubuh kita bisa memberi tahu kita seberapa lama proses memompa ASI yang cukup. Kita tak bisa membandingkan hasil ASIP kita dengan yang lain. Sesuaikan dengan kenyamanan diri. Tak perlu dipaksakan bila produksi ASI tak sebanyak yang kita inginkan. Bila nantinya malah memaksa dan stres, nantinya malah ASI tidak keluar.

2. Beri Stimulasi

Dilansir dari boldsky.com, menyusui adalah fenomena alami dan produksi ASI bisa lancar bila diberi simulasi yang tepat. Coba pijat lembut payudara sebelum mulai memompa. Bila dalam proses memompa tiba-tiba kita melihat produksi ASI berkurang, kita bisa kembali memijatnya dengan lembut. Memijat payudara dengan juga bisa sangat membantu proses memaksimalkan produksi ASI. Sebaiknya tak terlalu keras menekan atau memijat payudara yang malah hanya akan membuat kita makin tidak nyaman.

 

 

3. Menggunakan Dua Pompa

Menggunakan dua pompa untuk dua payudara. Cara ini bisa sangat membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, menggunakan dua pompa juga dapat meningkatkan kadar prolaktin. Mungkin memang akan lebih merepotkan. Tapi bila tidak merasa nyaman menggunakan dua pompa, kita bisa memompa payudar secara bergantian setiap sesinya.

4. Power Pumping

Seperti yang dilansir dari livingwithlowmilksupply.com, power pumping merupakan salah satu cara untuk meningkatkan suplai ASI. Metode ini bukanlah pengganti jadwal pompa yang rutin dilakukan. Hanya perlu dilakukan sesekali untuk meningkatkan produksi ASI dengan cara "mengosongkan" payudara agar tubuh mendapat sinyal untuk meningkatkan produksi ASI. Butuh waktu sekitar satu jam untuk melakukan power pumping ini. Tahapannya: pompa selama 20 menit lalu istirahat 10 menit, lalu pompa lagi selama 10 menit diikuti dengan istirahat 10 menit, kemudian akhiri dengan memompa lagi selama 10 menit.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu untuk meningkatkan produksi ASI dan mendapatkan pengalaman memompa AS yang lebih nyaman.

#GrowFearless with FIMELA

Loading