Sukses

Parenting

5 Tips Mencegah Kaki Varises pada Ibu Hamil

ringkasan

  • Rutin Jalan Kaki
  • Hindari Duduk dengan Menyilangkan Kaki
  • Tumpu Kaki dengan Bantal

Fimela.com, Jakarta Selama menjalani kehamilan, tubuh mungkin akan mengalami sejumlah penyesuaian. Selain itu juga perlu waspada dengan beberapa komplikasi atau masalah yang bisa timbul selama kehamilan. Salah satunya adalah varises, yaitu pembengkakan atua pelebaran pembuluh darah vena yang terjadi karena adanya penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Biasanya ditandai dengan pembuluh yang tampak bengkan dengan warna biru gelap atau keunguan.

Pada ibu hamil, kondisi varises umumnya terjadi di area betis atau tungkai akibat tekanan besar yang terjadi saat berjalan atau berdiri. Seperti yang dilansir dari boldsky.com, saat hamil, ada peningkatan aliran darah ke jantung tapi laju darah yang mengalir ke kaki dan panggul menurun. Kondisi tersebut menyebabkan tekanan pada pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan. Untuk mencegah varises pada ibu hamil, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Rutin Jalan Kaki

Ibu hamil perlu meluangkan waktu rutin untuk jalan kaki. Aktivitas jalan kaki dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan pada pembuluh di kaki. Jalan kaki merupakan salah satu cara termudah untuk mencegah varises pada ibu hamil.

2. Hindari Duduk dengan Menyilangkan Kaki

Sebisa mungkin hindari posisi duduk dengan menyilangkan kaki. Tak hanya itu saja, hindari terlalu lama bertahan pada satu posisi saja, seperti duduk terlalu lama atau berdiri terlalu lama. Mengubah posisi secara berkala akan sangat membantu proses melancarkan aliran darah.

 

3. Tumpu Kaki dengan Bantal

Ketika sedang duduk, bisa selonjorkan kaki dan tumpu kaki dengan bantal atau guling. Tinggikan posisi kaki supaya aliran darah lebih lancar. Saat tidur berbaring juga bisa coba tinggikan posisi kaki senyaman kaki.

4. Jaga Berat Badan Tubuh

Berat badan tubuh juga tetap harus dijaga sebaik mungkin. Kelebihan berat badan bisa meningkakan tekanan pada pembuluh darah dan memicu risiko varises.

5. Menggunakan Compression Socks

Penggunaan compression socks atau stockings juga dapat membantu mencegah varises pada hamil. Jenis kaos kaki atau stoking ini biasanya lebih ketat di area pergelangan kaki lalu lebih longgar bagian atasnya untuk membantu melancarkan aliran darah.

Tidur dengan posisi miring ke kiri juga bisa jadi cara untuk membantu melancarkan aliran darah di kaki. Sehingga bisa mengurangi risiko terkena varises. Ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat bila mengalami varises saat hamil.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim