Sukses

Parenting

5 Penyebab Bayi Menolak Minum Susu dari Botol

ringkasan

  • Belum Cukup Umur
  • Meningkatnya Kadar Lipase
  • Tidak Menyukai Bentuk Puting Plastik

Fimela.com, Jakarta Seorang ibu sangat disarankan untuk memberi ASI eksklusif enam bulan penuh untuk buah hati tercinta. Tapi ada kalanya muncul masalah atau situasi tertentu yang tidak memungkinkan si kecil bisa menyusu dengan baik. Sehingga pemberian susu dilakukan dengan bantuan botol. Memberi susu dalam botol pada bayi pun ada tantangannya sendiri. Bayi bisa saja menolak minum susu botol dan hal ini bisa cukup mengkhawatirkan bila kita tak mengetahui penyebabnya untuk mengatasinya.

Ada sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab bayi tak mau minum susu dari botol. Seperti karena hal-hal berikut ini.

1. Belum Cukup Umur

Dilansir dari boldsky.com, bayi juga butuh waktu untuk terbiasa dengan tekstur dan bentuk botol. Terlebih bila pada saat bersamaan, si kecil masih menyusu pada ibu. Jika bayi sering menolak dan tak mau menggunakan botol, kita bisa mencoba memberikannya lagi beberapa hari kemudian. Tawarkan susu botol dengan interval yang teratur untuk membiasakannya.

2. Meningkatnya Kadar Lipase

Terkadang, ASI mengandung kadar lipase yang lebih tinggi dari normal. Enzim lipase merupakan enzim yang terdapat di dalam ASI. Fungsinya adalah untuk membantu lemak di dalam ASI tercampur rata agar mudah dicerna oleh bayi. ASI perah yang memiliki kandungan lipase yang tinggi rasanya mungkin kurang enak di lidah bayi. Sehingga ketika dimasukkan ke dalam botol dan ditawarkan pada si kecil, ia menolaknya.

3. Tidak Menyukai Bentuk Puting Plastik

Botol susu bayi memiliki bentuk puting plastik yang beragam. Ada kemungkinan bayi menolak susu botol karena tidak menyukai atau tidak nyaman dengan bentuk puting plastiknya. Bila penyebabnya adalah karena hal tersebut, maka bisa coba menggunakan botol lain dengan bentuk puting yang sesuai dengan bentuk mulut serta teknik menyusu si kecil.

 

4. Susu Sudah Dingin

Suhu alami ASI yang baru diproduksi memiliki suhu yang sedikit lebih hangat. Bayi mungkin saja menolak susu botol karena tidak suka dengan susu yang sudah dingin. Berikan susu yang agak hangat pada si kecil. Selain itu, susu yang hangat juga lebih mudah dicerna dibandingkan susu dingin.

5. Alergi Susu

Meskipun langka, sebagian bayi ada yang agak sensitif dengan susu formula. Hal ini bisa menyebabkan bayi menolak susu botol. Apalagi bila disertai dengan gejala seperti sakit perut, gatal-gatal, dan eksim, maka ada baiknya untuk memeriksakan buah hati tercinta ke dokter untuk mendapat penanganan khusus.

Penyebab bayi menolak susu botol juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti posisi bayi yang tidak nyaman, bayi sedang sakit, atau perhatian bayi yang sedang teralihkan karena hal lain. Tak perlu panik berlebihan bila bayi menolak susu botol. Kita bisa coba mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu dan mengatasinya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading