Sukses

Parenting

ASI Tak Mau Langsung Keluar Setelah Melahirkan? Lakukan Hal Ini Mom

Fimela.com, Jakarta ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber nutrisi penting buat bayi yang baru lahir. Sayangnya, ASI tidak bisa langsung keluar setelah proses melahirkan. Butuh waktu 3 sampia 4 hari agar ASI mau keluar secara lancar dan menutrisi bayi dengan baik.

Tidak sedikit ibu yang bahkan tak kunjung bisa menghasilkan ASI momen kelahiran sudah terjadi lebih dari 4 hari. Khawatir dan cemas tentu dirasakan oleh ibu yang ASInya tak kunjung keluar. Kekhawatiran bakal bertambah ketika mendapati bayi tak mau minum jika bukan ASI yang diberikan padanya.

Mendapati ASI tak mau langsung keluar setelah melahirkan, kira-kira apa yang bisa dilakukan Mom? Melansir dari laman parents.com, ini tips agar ASI mau keluar setelah melahirkan.

Tips Melancarkan ASI Setelah Melahirkan

Pijat Payudara

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah pijat payudara. Memijat payudara bisa melancarkan sistem peredaran darah dan membuat jalannya ASI lebih baik lagi. Memijat payudara juga memperlancar produksi ASI.

Kontak Kulit Ibu dan Bayi

Pastikan bahwa ada kontak kulit ibu dan bayi lebih sering. Cobalah untuk meminta bayi menyusu padamu Mom. Semakin sering bayi menyusu, maka akan makin lancar produksi dan kelancaran ASI. Penelitian menemukan jika kontak kulit ibu dan bayi bisa membantu merangsang oksitosin dan prolaktin, hormon yang terlibat dalam produksi ASI.

Pompa ASI

Agar ASI lancar, usahakan melatihnya kelancaran ASI dengan memompa payudara untuk mengeluarkan ASI. Memompa payudara ini bisa dilakukan dengan memakai alat pompa ASI atau cukup dengan memijat menggunakan tangan. Pompa ASI setiap 2 sampai 3 jam sekali masing-masing selama 10 sampai 20 menit.

Tetap Tenang dan Jangan Stres

Cukupi Nutrisi Tubuh

Pastikan untuk mencukupi nutrisi tubuh dengan baik. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Pastikan juga untuk memiliki asupan cairan cukup setiap harinya.

Tetap Tenang dan Jangan Stres

Mendapati ASI tidak mau keluar memang membuat stres dan khawatir. Tapi pastikan untuk tetap tenang Sahabat Fimela. Semakin stres dan depresi dirimu, semakin ASI tak mau keluar. Usahakan untuk selalu bahagia dan tenang selama menyusui.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika mendapati ASI tidak mau langsung keluar setelah melahirkan. Semoga tips menyusui ini bermanfaat ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Produksi ASI Payudara Kanan dan Kiri Berbeda, Normalkah?
Artikel Selanjutnya
5 Tugas Suami untuk Mendukung Istri Agar Semangat Menyusui