Sukses

Parenting

6 Tanda Awal Kehamilan yang Umum Terjadi Tapi Jarang Disadari

ringkasan

  • Terjadi perubahan pada payudara
  • Tubuh mudah lelah dan lemas
  • Sensitif pada bau

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Bagi pasangan suami istri yang telah lama menikah, momen kehamilan bahkan menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu.

Demi menjaga kesehatan ibu dan janin di kandungan, penting bagi setiap perempuan untuk mengenali tanda-tanda bahwa dirinya sedang hamil. Penting bagi setiap perempuan untuk mendeteksi kehamilan yang ia alami sejak sedini mungkin.

Lantas, bagaimana tanda kehamilan? Apakah tanda ini bisa diketahui meski tidak melakukan pemeriksaan ke dokter atau melakukan tes dengan tespack? Melansir dari laman parents.com, berikut tanda-tanda awal kehamilan yang paling umum terjadi.

Tanda Kehamilan yang Paling Umum Terjadi

Telat Haid

Tanda pertama yang umum terjadi adalah telat haid. Telat haid selama 5 hari atau lebih bisa menjadi tanda awal kehamilan. Namun ingat, tidak semua momen telat haid disebabkan oleh kehamilan. Telat haid juga bisa disebabkan karena stres, gangguan kesehatan, konsumsi obat tertentu atau kelelahan hebat.

Perubahan pada Payudara

Perubahan payudara juga menjadi tanda awal kehamilan yang umum terjadi. Selama kehamilan, payudara akan terasa lebih keras, tampak besar, berat dan padat dari sebelumnya. Puting yang diselimuti garis-garis halus di sekitarnya serta berwarna lebih gelap juga menjadi tanda awal kehamilan.

Keluar Bercak Darah dari Miss V

Keluarnya bercak darah dari Miss V juga sebagai tanda awal kehamilan. Bercak darah ini umumnya berwarna kuning kecokelatan dan berlangsung satu sampai tiga hari. Bercak darah yang keluar hanya 2 sampai 3 tetes. Yang perlu diingat lagi, keluarnya bercak darah bukan hanya karena kehamilan. Tidak sedikit momen haid juga disertai keluarnya bercak darah.

Kram Perut hingga Sensitif Terhadap Bau

Kram Perut

Kram perut yang terjadi bersamaan dengan kram perut bisa menjadi tanda awal kehamilan. Kram karena kehamilan umumnya tidak sesakit kram saat haid. Kram perut terjadi hanya beberapa hari saja. Jika kram terjadi dalam waktu lama lebih dari 5 hari atau satu minggu, bisa jadi ini awal haid.

Tubuh Lelah dan Lemas

Umumnya, perempuan yang sedang hamil tubuhnya mudah lelah dan lemas. Lelah ini tidak jarang disertai pusing. Dalam banyak kasus, beberapa ibu hamil muda cenderung memiliki kekebalan tubuh yang melemah. Perubahan hormon di tubuh karena kehamilan juga membuat ibu hamil rentan capek.

Sensitif Terhadap Bau

Penelitian yang dilakukan ahli menemukan jika awal kehamilan membuat perempuan lebih sensitif terhadap bau. Karena sensitif terhadap bau, di awal kehamilan ibu sering merasa mual dan ingin muntah.

Itulah beberapa tanda awal dari kehamilan yang umum terjadi namun jarang disadari. Tanda-tanda ini sangat mirip dengan awal haid. Jadi penting bagi Mom untuk segera melakukan tes kehamilan jika mengalami tanda-tanda demi mengetahui lebih jelas apakah Mom hamil atau belum. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Awal Kehamilan yang Kurang Disadari, Yuk Lebih Peka Lagi