Sukses

Parenting

Optimalkan Tumbuh Kembangnya, 4 Manfaat Bermain untuk Anak

ringkasan

  • Anak Bisa Memperoleh Serangkaian Keahlian Sosial
  • Anak Bisa Mengembangkan Kemampuan Eksplorasi
  • Anak Mendapat Kemampuan Sensorik yang Baik

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua kita akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak. Makanan dengan nutrisi terbaik, pendidikan dan asuransi pendidikan yang terbaik, dan yang tak kalah penting adalah pengalaman bermain terbaik. Anak-anak perlu diizinkan bermain bebas. Pengalaman bermain yang diperoleh anak bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Daniel Goelman dalam buku Social Intelligence menyebutkan bahwa suatu tanda sederhana bahwa seorang anak merasa ia memiliki tempat perlindungan yang aman adalah keluar bermain. Dari kesenangan yang didapatkan dari pengalaman bermain, anak-anak bisa mendapat sejumlah manfaat yang positif untuk tumbuh kembangnya.

1. Anak Bisa Memperoleh Serangkaian Keahlian Sosial

Melalui masa-masa bermain, anak bisa memperoleh serangkaian keahlian sosial. Kemahiran sosial seperti bagaimana bernegosiasi dalam memperoleh kekuasaan, bekerja sama dan membentu persekutuan, hingga menerima kekalahan bisa didapat dari pengalaman bermain. Kemampuan bersosialiasi bisa berkembang dengan dukungan pengalaman bermain yang menyenangkan dan terarah.

2. Anak Bisa Mengembangkan Kemampuan Eksplorasi

Kegiatan bermain seperti bersepeda keliling lingkungan rumah bisa membantu meningkatkan kemampuan anak untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Aktivitas bermain bisa memicu rasa ingin tahu anak. Mendorong anak untuk belajar hal-hal baru yang selama ini kurang dipahaminya.

 

3. Anak Mendapat Kemampuan Sensorik yang Baik

Dilansir dari news.sanfordhealth.org, aktivitas bermain anak bisa meningkatkan kemampuan sensorik. Anak-anak balita bisa mempelajari hal-hal baru melalui panca indra mereka. Dibandingkan menghabiskan waktu hanya di depan televisi atau gadget yang hanya merangsang indra penglihatan dan pendengaran, kegiatan bermain bebas di luar bisa merangsang kelima indra yang dimiliki anak. Anak bisa melihat, mencium aroma, menyentuh, mendengar, dan merasakan langsung pengalaman-pengalaman menyenangkan yang didapatkan dari kegiatan bermain.

4. Anak Bisa Memiliki Kekebalan Tubuh yang Lebih Baik

Cahaya matahari bisa menstimulasi kelenjar pineal. Bagian otak ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan menciptakan rasa bahagia. Menghabiskan waktu di luar ruangan juga dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih baik. Anak yang mendapat pengalaman bermain di alam yang menyenangkan nantinya saat dewasa bisa lebih menghargai alam dan lingkungan sekitarnya.

Selama anak bermain, kita juga tetap perlu mengawasi dan mengarahkannya. Dengan arahan yang tepat, tumbuh kembang anak bisa berjalan dengan lebih baik dengan memberinya pengalaman bermain yang menyenangkan.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Beragam Ide Perayaan Akhir Tahun yang Menyenangkan di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Mengenal Perbedaan Asuransi dan Tabungan Pendidikan