Sukses

Parenting

Hindari, 10 Makanan Ini Berisiko Menyebabkan Keguguran

Fimela.com, Jakarta Selama mengandung atau hamil setiap perempuan harus lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan tubuhnya dan janin di kandungan. Ibu hamil juga diwajibkan untuk lebih berhati-hati lagi dalam memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Melansir dari laman parents.com, ada beberapa makanan yang sangat berisiko meningkatkan keguguran jika dikonsumsi secara berlebihan selama kehamilan. Walau makanan ini sebenarnya kaya manfaat dan nutrisi buat kesehatan, jika makanan ini dikonsumsi selama kehamilan besar kemungkinan akan meningkatkan risiko keguguran.

Penasaran makanan apa saja?

Makanan yang Bisa Menyebabkan Keguguran

Buah Nanas

Makanan pertama adalah buah nanas. Buah nanas mengandung senyawa bromelain yang bisa melunakkan serviks dan meningkatkan risiko kontraksi dini pada kehamilan. Penting bagi ibu hamil menghindari buah nanas terutama nanas muda selama awal kehamilan.

Kepiting

Makanan selanjutnya adalah kepiting. Kepiting dipercaya bisa menyebabkan penyusutan rahim jika dikonsumsi secara berlebihan. Kolesterol yang tinggi dalam kepiting juga sangat tidak baik buat kesehatan ibu selama hamil.

Aloe Vera (Lidah Buaya)

Aloe vera mengandung antrakuinon sejenis pencahar yang bisa menyebabkan kontraksi rahim dan keguguran.

Buah Pepaya Muda

Buah pepaya muda atau mentah juga harus dihindari ibu hamil. Biji pepaya kaya akan enzim yang bisa menyebabkan kontraksi rahim terlebih untuk biji pepaya muda.

Produk Olahan Susu Mentah

Susu selama ini dikenal sebagai asupan sehat untuk semua orang. Tapi, untuk susu mentah dan olahannya sebaiknya dihindari ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Susu mentah dikhawatirkan juga mengandung berbagai macam bakteri yang berbahaya bagi tumbub kembang janin.

 

Kafein hingga Daging Mentah

Kafein

Beberapa penelitian menyebutkan kafein aman untuk ibu hamil. Tapi, jika konsumsi kafein ini berlebihan, ini bisa berbahaya bagi kehamilan. Ini juga bisa menyebabkan keguguran.

Obat Herbal atau Jamu

Aneka obat herbal atau jamu juga penting buat dihindari. Ini bisa menyebabkan risiko keguguran. Tak hanya itu saja, konsumsi obat herbal atau jamu berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang janin.

Junk Food

Makanan cepat saji atau junk food sebaiknya dihindari ibu hamil. Selain sangat tidak sehat, konsumsi junk food berlebihan bisa menyebabkan risiko keguguran.

Sayuran Mentah

Sayuran memang menjadi asupan nutrisi sehat. Tapi, jika sayuran mentah sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Sayuran mentah dikhawatirkan mengandung berbagai bakteri dan kuman yang membahayakan kehamilan.

Daging dan Ikan Mentah

Ibu hamil juga harus menghindari daging, unggas atau ikan mentah. Aneka daging, unggas dan ikan mentah dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko keguguran. Jika ingin konsumsi daging, unggas atau ikan, pastikan untuk memasaknya hingga benar-benar matang.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua semakin bijak dalam memilih makanan.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim