Sukses

Parenting

3 Penyebab Anak Susah Makan yang Penting Diketahui

Fimela.com, Jakarta Mendapati buah hati susah makan tentu menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan dan menyedihkan buat setiap orangtua. Karena anak susah makan, nutrisi yang masuk ke tubuhnya kurang maksimal. Tumbuh kembang anak pun akan mengalami penurunan kualitas ketika ia susah makan.

Melansir dari laman asianparents.com, ada beberapa hal yang sering kali membuat anak susah makan. Berikut hal tersebut.

Penyebab Anak Susah Makan

Sariawan

Penyebab pertama adalah anak menderita sariawan. Mulut yang mengalami sariawan akan terasa sakit jika digunakan untuk makan. Anak dengan kondisi sariawan sudah pasti akan kesusahan makan. Adapun ciri kondiri sariawan yakni munculnya bintik atau bulatan berwarna putih hingga kuning di area mulut anak.

Menolak Makanan Baru

Penyebab selanjutnya adalah anak menolak makanan baru. Makanan yang belum terlalu dikenal anak akan membuatnya enggan makan dengan lahap. Makanan baru akan membuat anak bertanya-tanya apakah makanan tersebut enak atau tidak. Mom harus pandai-pandai memperkenalkan aneka makanan sehat buat buah hati.

Refluks Gastroesofagus (GERD)

Penyebab selanjutnya adalah GERD. Ini merupakan kondisi di mana anak merasa susah atau sakit untuk menelan makanan. Ciri-ciri anak mengalami GERD adalah anak sering rewel, muntah, nangis berlebihan bahkan sulit tidur.

Itulah sedikitnya tiga penyebab utama kenapa anak susah makan. Selain penyebab di atas, penyebab lain dari anak susah makan adalah anak bosan dengan makanan yang sama setiap harinya, anak terbiasa konsumsi makanan kaya rasa sehingga ia menolak makanan dengan rasa hambar hingga anak menderita sakit tertentu.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Stik Sukun Gurih dan Renyah
Artikel Selanjutnya
4 Waktu Terbaik untuk Berhubungan Intim dan Manfaatnya