Sukses

Parenting

Jangan Salah, Ini Perbedaan PMS dan Awal Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Gejala PMS (premenstrual syndrome) menjelang haid dan gejala di awal kehamilan memang nyaris sama. Jika kita tidak cermat dan teliti, kita mungkin saja akan terkecoh.

Melansir dari laman WebMD.com, gejala dari PMS dan awal kehamilan sering kali sama. Gejala itu mulai dari adanya kram perut, suasana hati, perubahan pada bentuk payudara hingga munculnya flek darah di miss V.

Meski sekilas nyaris sama, gejala dari PMS dan kehamilan tetap memiliki perbedaan. Berikut beberapa perbedaan antara gejala PMS dan kehamilan. Simak baik-baik ya.

Mengenal Perbedaan PMS dan Kehamilan

Kram Perut

Baik saat PMS atau hamil keduanya sama-sama menyebabkan kram perut. Kram perut ini bisa terjadi selama 1 sampai 3 hari. Perbedaannya adalah kram perut akibat PMS terjadi sebentar sedangkan kram perut karena kehamilan terjadi dalam waktu lama bisa berminggy-minggu bahkan berbulan-bulan. Biasanya, kram perut karena kehamilan terjadi di bagian bawah perut.

Adanya Bercak Darah

Bercak karena PMS biasanya terjadi selama 2 sampai 7 hari dan diikuti dengan haid. Untuk bercak selama kehamilan bisa terjadi selama beberapa hari saja dan jumlah darahnya sedikit. Bercak ini bisa terjadi saat dirimu buang air kecil.

Nafsu Makan Meningkat

Ketika PMS atau awal kehamilan bisa sama-sama mengalami kenaikan nafsu makan. Pada ibu hamil, tidak hanya nafsu makan yang meningkat tetapi ia juga sering menginginkan jenis makanan tertentu atau yang disebut dengan ngidam.

Nyeri Payudara

Nyeri payudara saat PMS terjadi sebelum haid selama beberapa hari. Nyeri bisa terasa ringan hingga berat. Untuk nyeri payudara selama kehamilan biasanya terasa berat, terjadi selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu dan payudara lebih sensitif serta berisi.

Kelelahan

Perubahan hormon selama PMS bisa meningkatkan kelelahan. Kelelahan ini juga terjadi di awal kehamilan. Hanya saja, di awal kehamilan dirimu juga sangat mungkin mudah merasa mual, ingin muntah, pusing dan suasana hati tidak nyaman.

Itulah beberapa perbedaan gejala PMS dan awal kehamilan. Untuk mengetahui dirimu positif hamil atau tidak, jangan ragu untuk memeriksa kehamilan dengan tesrpack. Bila perlu, segera periksakan kondisi kesehatan di bidan atau dokter ahlinya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Stik Sukun Gurih dan Renyah
Artikel Selanjutnya
4 Waktu Terbaik untuk Berhubungan Intim dan Manfaatnya