Sukses

Parenting

5 Cara Alami agar ASI Keluar Lancar dan Banyak

ringkasan

  • Menikmati Tangisan Bayi
  • Memandang Bayi dengan Penuh Kasih Sayang
  • Menyusui pada Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Saat pertama kali menyusui bayi, kita mungkin akan merasa bingung. Belum lagi bila produksi ASI tidak lancar dan yang keluar tidak banyak, wah rasanya sudah panik duluan. Tap tahukah bahwa prinsip produksi ASI pada dasarnya adalah semakin sering menyusui, maka ASI akan semakin banyak dan lancar?

Ada pengaruh hormon tertentu yang dapat memberi dampak pada kelancaran produksi ASI. Dikutip dari buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, ada dua hormon yang berperan dalam proses produksi ASI, yaitu oksitosin dan prolaktin. Untuk bisa memacu kedua hormon tersebut, ada sejumlah tips dan cara alami yang bisa dicoba. Berikut infonya.

1. Menikmati Tangisan Bayi

Saat bayi menangis, tak perlu panik berlebihan. Karena rupanya suara tangisan bayi bisa memacu hormon oksitosin ibu. Tapi bukan berarti kita harus membuat bayi menangis setiap saat, ya.

2. Memandang Bayi dengan Penuh Kasih Sayang

Saat sedang menyusui, tatap mata si kecil dengan penuh cinta. Rupanya memandang bayi saat berkorelasi dengan peningkatan hormon oksitosin. Memandang bayi dengan penuh cinta dan kasih sayang bisa membantu meningkatkan produksi ASI jadi lebih lancar dan banyak.

 

3. Menyusui pada Malam Hari

Waktu menyusui ternyata cukup memengaruhi produksi ASI. Bila ingin produksi ASI lebih lancar dan banyak, bisa coba pilih waktu malam hari untuk menyusuinya. Menyusui bayi pada malam hari ternyata sangat memacu produksi prolaktin.

4. Menyusui dengan Satu Payudara Dulu Sampai Habis, Baru Berganti Payudara

Tips ini bisa dicoba untuk meningkatkan produksi ASI. Susui bayi dengan satu payudara dulu sampai habis, baru berganti payudara satunya. Cara ini diyakini dapat memacu produksi prolaktin lebih banyak.

5. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa cemas atau khawatir bisa mengurangi jumlah produksi oksitosin. Tingkatkan rasa percaya diri. Yakinlah dengan pikiran positif bahwa produksi ASI akan lancar dan meningkat. Dengan begitu, produksi ASI bisa meningkat dengan lebih alami.

Satu lagi tips yang bisa dicoba adalah memastikan posisi menyusui bayi sudah benar. Dengan memastikan posisi tubuh bayi dan posisi mengisap puting sudah nyaman dan benar, produksi ASI pun bisa lebih lancar.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Efek Minum Air dalam Botol yang Telah Terekspos Sinar Matahari Terlalu Lama
Artikel Selanjutnya
Tips Makan Sehat Atasi Kecemasan dan Stres dari Nutrisionis