Sukses

Parenting

Cara Alami Mengobati Batuk Pada Anak-Anak

Fimela.com, Jakarta Batuk dan pilek menjadi masalah kesehatan yang kerap menyerang seseorang. Orang dewasa hingga anak-anak bahkan bayi sangat rentan terserang batuk dan pilek.

Ada banyak hal yang menyebabkan bayi dan anak-anak terserang batuk serta pilek. Cuaca yang tidak mendukung, lingkungan yang kumuh, pola hidup yang tidak sehat dan sistem kekebalan tubuh yang minim seringkali menjadi penyebab utama risiko batuk pada bayi dan anak-anak.

Ketika mendapati anak batuk, setiap orangtua pasti merasa cemas dan khawatir. Terlebih lagi ketika batuk ini disertai dengan tubuh demam, nafsu makan menurun, sakit tenggorokan, mata memerah dan anak sangat rewel.

Mengobati Batuk pada Anak

Sebelum memberikan obat atas resep dokter ke anak ketika ia batuk, usahakan untuk mengatasi batuk anak dengan cara alami Mom. Melansir dari laman parents.com, batuk akan sembuh dengan sendirinya ketika daya tahan tubuh anak meningkat, ia memiliki istirahat cukup dan menghindari makanan serta minuman yang memperparah batuk.

Usahakan untuk meningkatkan asupan cairan ke tubuh anak. Jika anak masih menysu, berikan ASI cukup setiap harinya. Anak dengan usia di bawah 6 bulan sangat memerlukan asupan ASI setiap hari terlebih ketika ia batuk.

Berikan uap panas untuk meringankan hidung tersumbat dan tenggorokan gatal. Pilihkan makanan yang bisa meringankan batuk. Adapun makanan yang bisa meringankan batuk antaranya pudding, yogurt, saus apel, kaldu ayam hangat dan wedang jahe. Jika batuk anak tidak kunjung sembuh, segera periksakan kesehatan anak ke dokter atau ahlinya.

Ketika anak batuk dan sakit, pastikan agar anak memiliki waktu istirahat cukup. Istirahat berperan penting dalam meningkatkan daya tubuh anak dan kesehatannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Peduli dan Perhatian, Cara Agar Makin Mesra dengan Pasangan
Artikel Selanjutnya
Waspada, Ini 5 Tanda Pasangan LDR Selingkuh di Belakangmu