Sukses

Parenting

Cara Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah dengan Baik dan Benar agar Cepat Gemuk

Fimela.com, Jakarta Setelah melalui proses kehamilan 9 bulan, ibu hamil akan melahirkan anak yang dikandungnya melalui proses persalinan. Fokus yang sebelumnya ditujukan pada kesehatan bayi dalam kandungan, selanjutnya beralih pada perawatan bayi yang baru lahir.

Merawat bayi yang baru lahir bukanlah hal mudah, perlu kesabaran serta ketelitian agar bayi bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut kami bagikan cara merawat bayi baru lahir di rumah dengan baik dan benar agar cepat gemuk.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir dengan Baik dan Benar

Merawat bayi baru lahir adalah pekerjaan yang harus dilakukan dengan ketelitian, agar bayi dapat tumbuh sehat dan cerdas. Berikut kami bagikan cara merawat bayi baru lahir dengan baik dan benar.

Menjaga kebersihan badan, pakaian, dan tempat tidur bayi

Cara merawat bayi baru lahir dengan baik dan benar adalah dengan menjaga kebersihan badan, pakaian dan tempat tidur bayi. Kebersihan badan bayi dilakukan dengan memandikan bayi dua kali sehari. Yang perlu diperhatikan adalah gunakan produk-produk yang aman untuk bayi.

Detergen yang digunakan untuk mencuci pakaian bayi juga harus khusus untuk bayi agar tidak menimbulkan iritasi kulit. Pastikan pula, tempat tidur bayi terjaga kebersihannya dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Merawat tali pusat bayi

Merawat tali pusat bayi merupakan salah satu cara merawat bayi baru lahir dengan baik dan benar. Tali pusat bayi harus dijaga kebersihannya agar terhindar dari infeksi.

Berikut cara yang harus kamu lakukan: 

  1. Tali pusat dan area sekitarnya harus selalu kering dan bersih.
  2. Hindarkan tali pusat bayi dari air kencing maupun kotoran bayi
  3. Sterilkan tali pusat bayi menggunakan kasa yang dibasahi alkohol 70% dari pangkal hingga bagian ujungnya
  4. Bungkus rapi dengan kasa yang dibasahi alkohol.

Menjaga kehangatan tubuh bayi

Bayi yang baru lahir harus dalam kondisi hangat karena masih berada dalam masa penyesuaian. Untuk menjaga kesehatan bayi, kamu bisa memakaikan bedong bayi, sarung tangan dan kaki, serta topi jika diperlukan. Inilah hal yang bisa kamu terapkan sebagai cara merawat bayi baru lahir dengan baik dan benar.

Menjaga lingkungan yang nyaman

Menciptakan lingkungan yang nyaman menjadi salah satu cara merawat bayi baru lahir dengan baik dan benar. Usahakanlah lingkungan bayi tidak terlalu berisik, tidak terlalu dingin atau panas dan terbebas dari gangguan serangga.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir agar Cepat Gemuk

Orangtua akan fokus dengan kesehatan bayi, seringkali menginginkan agar bayi mungil mereka menjadi gemuk. Berikut akan kami bagikan tips cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk.

Memberikan ASI sebagai makanan utama

Cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk, yakni dengan memberikan ASI sebagai makanan utama bayi. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi baru lahir karena mengandung colostrum dan zat-zat penting lainnya yang baik bagi imunitas dan tumbuh kembang bayi.

Pertimbangkan kemungkinan memberikan susu formula

Beberapa bayi tidak dapat mencerna ASI dengan baik, sehingga ada baiknya jika kamu mempertimbangkan kemungkinan memberikan susu formula sebagai cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan jenis susu formula yang sesuai untuk bayi baru lahir.

Mengenali isyarat lapar pada bayi

Salah satu cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk adalah dengan mengenali isyarat lapar pada bayi. Ketika bayi lapar, ia akan menunjukkan tanda seperti memasukkan tangan ke dalam mulut, menggenggam tangan, dan mengeluarkan suara seperti mengecap. Berikan ASI sesuai kemauan bayi dan jangan menunggunya sampai menangis.

Memperhatikan waktu tidur bayi

Aktivitas yang dapat dilakukan bayi hanyalah makan dan tidur. Untuk itu, kamu harus memperhatikan waktu tidur bayi sebagai salah satu cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk. Ikuti pola tidur bayi 16 jam sehari dengan tetap memberikan susu di waktu yang sesuai dan jangan lupa menyediakan tempat tidur yang nyaman bagi bayi.

Segera menenangkan bayi yang menangis

Bayi yang sering menangis sulit mengalami kenaikan berat badan, karena menjadi tanda bahwa ia lapar dan kurang tidur. Ketika bayi menangis, segeralah menenangkannya dengan mendekap bayi ke dalam dada dan mengusap lembut tubuhnya. Bisa juga ditambah dengan memutarkan lagu yang lembut untuk menenangkan bayi.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah

Setelah melewati proses persalinan di rumah sakit, umumnya orangtua akan membawa bayi pulang ke rumah. Berikut adalah cara merawat bayi baru lahir di rumah.

Memandikan bayi

Cara merawat bayi baru lahir di rumah adalah dengan memandikan bayi dengan benar. Bayi yang telah lepas tali pusat dapat dimandikan dengan dimasukkan ke dalam air. Kamu harus berhati-hati agar kepala bayi tidak terendam dalam air. Gunakan air hangat, sabun dan sampo khusus bayi. Jangan memandikan bayi terlalu pagi maupun terlalu sore.

Membersihkan mata, telinga, dan hidung bayi

Membersihkan mata, telinga dan hidung bayi adalah salah satu cara merawat bayi baru lahir yang bisa kamu lakukan di rumah. Ketika membersihkan mata sebaiknya menggunakan kapas bersih yang dibasahi dengan air hangat, dimulai dari arah hidung ke luar. Membersihkan telinga tidak perlu dilakukan secara rutin. Cukup sesekali dibersihkan dengan mengorek liang telinga dengan perlahan. Sedangkan hidung bayi, bisa dibersihkan dengan cara mengelapnya saat mandi.

Memperhatikan pola buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK) pada bayi

Bayi normal akan BAB dalam 24 jam pertama dan BAB paling lama dalam 48 jam pertama. Pola inilah yang harus kamu perhatikan sebagai cara merawat bayi baru lahir di rumah. Warna BAK yang baik adalah jernih, tidak berwarna pekat. Sedangkan warna BAB akan berubah dari warna hitam pekat, menjadi hijau, hingga akhirnya berubah menjadi kekuningan pada usia sekitar 5 hari. 4. Membersihkan popok dan kemaluan bayi

Salah satu cara merawat bayi baru lahir di rumah adalah dengan rutin membersihkan popok dan kemaluan bayi. Cara yang perlu dilakukan sewaktu membersihkan kemaluan bayi adalah dengan membersihkan dari bagian depan ke belakang dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air bersih, atau bisa juga dengan handuk basah.

 

Demikianlah cara merawat bayi baru lahir di rumah. Selamat mencoba..

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Komplikasi yang Umumnya Terjadi pada Bayi yang Lahir Prematur
Artikel Selanjutnya
Alasan Ilmiah Mencium Bau Bayi Membuat Pikiran Tenang dan Senang