Sukses

Parenting

Cara Mengobati Sariawan di Lidah dan Bibir pada Bayi dengan Cepat, Tidak Perih dalam Satu Hari

Fimela.com, Jakarta Sariawan atau stomatitis adalah istilah yang digunakan saat kondisi mulut sedang mengalami peradangan. Sariawan biasanya berbentuk oval atau bulat, dengan warna putih atau kuning yang tepiannya berwarna kemerahan akibat dari peradangan.

Sariawan bisa menimpa siapapun, baik laki-laki atau perempuan, baik tua maupun muda. Lokasi terbentuknya sariawan yang paling umum terjadi adalah di bagian dalam pipi atau bibir, serta di permukaan gusi dan lidah. Pertumbuhan sariawan pun kadangkala bisa berjumlah lebih dari satu titik. Berikut akan kami bagikan berbagai cara mengobati sariawan yang bisa kamu coba di rumah.

 

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Gejala umum sariawan adalah luka yang muncul di dalam mulut. Luka sariawan umumnya berwarna putih dan biasanya sedikit membengkak. Sariawan sebenarnya dapat sembuh dengan sendiri dalam hitungan minggu bahkan hari. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat penyembuhannya.

Cara mengobati sariawan dengan air garam

Berkumur dengan air garam bisa juga dijadikan cara mengobati sariawan di lidah. Berkumur dengan air garam bisa kamu lakukan rutin berulang-ulang dalam sehari, karena bahan yang ada di dalamnya relatif aman untuk tubuh.

Yang harus kamu lakukan yaitu:

  1. mencampurkan 1/2 sdt garam dalam secangkir air hangat
  2. kemudian berkumurlah beberapa saat lalu buang.

Cara mengobati sariawan dengan obat anti jamur

Beberapa sariawan disebabkan oleh infeksi jamur pada mulut. Untuk itu, obat anti jamur dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan. Obat anti jamur tersedia dalam dua pilihan, yaitu obat anti jamur clomatrizole yang berbentuk tablet kunyah, dan juga obat anti jamur nystatin yang digunakan seperti obat kumur.

Cara mengobati sariawan dengan membatasi asupan gula dan produk yang mengandung ragi

Saat mengalami sariawan, batasilah asupan gula yang masuk ke dalam tubuhmu sebagai cara menghilangkan sariawan. Selain membatasi asupan gula, kamu juga perlu menghindari produk yang mengandung ragi seperti roti, bir, serta wine. Produk yang mengandung ragi akan lebih cepat mendorong perkembangan jamur dan memperparah kondisi sariawanmu.

Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Tidak Perih

Meskipun sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, namun terkadang rasa sakit dan perih akibat sariawan tidak bisa tertahankan. Oleh karena itu, kami akan berikan cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih yang dibedakan menurut letaknya.

Cara Mengobati Sariawan di bibir

Es batu

Rasa sejuk es batu bisa mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Caranya dengan mengompres bibir dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Selain itu dapat pula dengan mengemut es batu sampai mencair sepenuhnya.

Minyak kelapa

Ternyata minyak kelapa juga dapat digunakan untuk sariawan. Cara mengobati sariawan dengan kelapa dapat dioleskan ke bibir yang bersariawan. Lakukan hal tersebut dengan rutin 3-4 kali sehari.

Cara Mengobati Sariawan di gusi

Ekstrak biji jeruk

Rasa pahit dari biji jeruk bisa dengan cepat menghilangkan rasa sakit dari sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan ekstrak biji jeruk cukup mudah:

  1. encerkan 7-8 tetes ekstrak biji jeruk dengan 1 gelas air matang
  2. oleskan campuran tersebut menggunakan kapas pada gusi
  3. biarkan beberapa jam dan ulangi 2-3 kali sehari.

Menjaga kesehatan mulut

Di dalam mulut kita terdapat berbagai jenis bakteri. Bakteri tersebut dapat berpotensi memicu infeksi pada sariawan. Oleh karena itu kebersihan mulut harus tetap dijaga saat sariawan. Rajinlah sikat gigi dengan bulu sikat yang halus agar tidak melukai gusi dan memperparah sariawan.

Cara Mengobati Sariawan dalam Satu Hari

Beberapa orang yang terganggu dengan keberadaan sariawan, berusaha mencari cara mengobati sariawan dalam satu hari. Berikut akan kami berikan informasi yang kamu perlukan.

Cara mengobati sariawan dengan madu

Berdasarkan penelitian, madu cukup efektif dalam mencegah infeksi dan membantu proses penyembuhan luka, termasuk luka akibat sariawan. Cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengoleskan madu pada bagian yang mengalami sariawan. Lakukanlah hal ini dengan rutin beberapa kali sehari sampai sariawan kamu terobati.

Cara mengobati sariawan dengan lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak fungsi salah satunya untuk menyembuhkan sariawan. Lidah buaya memiliki kandungan anti peradangan dan anti nyeri sehingga lidah buaya dapat dicoba sebagai cara mengobati sariawan.

Caranya mudah:

  1. siapkan daun lidah buaya yang sudah dicuci sampai bersih
  2. oleskan didaerah yang bersariawan
  3. biarkan beberapa jam, ulangi 3-5 kali sehari.

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi dan Anak

Bukan hal yang jarang bagi bayi dan anak-anak mengalami sariawan. Sariawan pada bayi biasanya disebabkan oleh jamur yaitu Candida albican. Masalahnya adalah bayi dan anak-anak umumnya tidak bisa menahan rasa sakit dari sariawan sehingga dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat.

Cara mengobati sariawan dengan es krim

Es krim selain jadi hidangan penutup, namun juga bisa dijadikan obat untuk mengobati sariawan pada bayi dan anak-anak. Rasa dingin pada es krim bisa menyembuhkan sariawan secara efektif. Tentu saja ‘obat’ ini sangat digemari oleh anak-anak.

Cara mengobati sariawan dengan susu

Susu juga bisa dikonsumsi setiap hari sebagai cara mengobati sariawan pada bayi dan anak. Kalsium yang terkandung dalam susu dapat melawan bakteri penyebab sariawan. Kandungan lemaknya juga memiliki anti virus yang dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah dan Bibir Secara Alami dengan Cepat dalam Semalam
Artikel Selanjutnya
Cara Menghilangkan Sariawan di Lidah dengan Cepat dan tanpa Rasa Sakit