Sukses

Parenting

Tips Merawat Perut agar Tidak Buncit Setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Biasanya setelah melahirkan perut akan membuncit, sehingga harus dirawat, agar lebih ramping dan langsing. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit, seperti diet dengan mengurangi banyak kalori. Namun diet ketat bisa membuat seorang ibu tidak sehat.

Setelah melahirkan, seorang ibu harus menjaga kesehatan, agar bisa menyusui bayi dan memberikan nutrisi yang baik untuk bayi. Berikut tips merawat perut, agar tidak buncit setelah melahirkan, dilansir dari berbagai sumber:

Konsumsi Makanan Sehat

Untuk merawatperut setelah melahirkan, Sahabat Fimela harus rajin mengonsumsi makanan sehat, yang bisa menutrisi dan menjaga kesehatan ibu. Setelah melahirkan, seorang ibu pasti akan menyusui, dan membutuhkan nutrisi serta gizi yang membantu tumbuh kembang anak.

Maka dari itu setelah melahirkan, harus mengonsumi makanan yang memiliki kandungan protein, karbohidrat komplek dan vitamin. Selain itu konsumsi juga makanan yang mengandung mineral, mengandung antioksidan serta makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran hijau.

Makanan yang bernutrisi, bisa membantu perut terasa kenyang lebih lama, sehingga bisa membantu merawat perut agar tidak buncit. Makan makanan yang bernutrisi, juga bisa membantu memperlancar ASI, dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Olahraga

Tips merawat perut, agar tidak buncit setelah melahirkan, yaitu harus sering melakukan olahraga. Olahraga bisa membantu mengecilkan perut, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan membantu melancarkan ASI seorang ibu.

Kamu dapat melakukan olahraga dengan intensitas sedang, dan dilakukan selama 15 hingga 20 menit saja, untuk membakar lemak di perut. Olahraga yang bisa dilakukan adalah yoga, jalan santai, lari atau senam.

Mengonsumsi Teh Hijau

Tips merawat perut yang selanjutnya, yaitu dengan mengonsumsi teh hijau atau teh herbal, agar perut tidak buncit setelah melahirkan. Teh hijau bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, dan memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu memecah sel lemak yang ada di perut.

Teh hijau dapat dinikmati pada pagi hari sebelum makan, untuk membantu mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh, dan bisa membantu mencegah sembelit. Selain membantu mengecilkan perut setelah melahirkan, mengonsumsi teh hijau dapat membantu merawat kulit dari dalam tubuh, serta dapat digunakan sebagai masker untuk merawat kulit setalah ibu melahirkan.

Menghindari Makanan Manis

Tips merawat perut agar tidak buncit setelah melahirkan, adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang manis, atau yang mengandung gula tambahan. Karena makanan dan minuman yang terlalu manis, tidak baik untuk kesehatan tubuh, apalagi untuk ibu yang sedang menyusui setelah melahirkan.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis, dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, yang bisa membuat badan mudah lapar. Mengonsumsi makan dan minum yang terlalu manis, akan menaikkan berat badanmu, dan menyebabkan timbunan lemak di dalam perut.

 

Menghindari Stres

Tips terakhir merawat perut, agar tidak buncit setelah melahirkan, yaitu dengan menjaga pikiran agar tidak mudah stres. Banyak yang mengalami stres setelah melahirkan, karena belum terbiasa dengan rutinitas baru setelah melahirkan, dan karena perubahan hormon setelah melahirkan.

Agar perut tidak buncit setelah melahirkan, kamu harus mencoba untuk mengelola stres dan emosi, karena stres dapat mempengaruhi hormon kortisol. Hormon kortisol yang meningkat, dapat menyebabkan tekanan darah naik, dan membuat selera makan meningkat.

Lakukan meditas, dan menggunakan lilin aromaterapi di rumah, untuk membantu menjaga ketenangan pikiran. Nah, mudah bukan? Selamat mencoba.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Metode Sterilisasi Botol Susu Bayi yang Perlu Diketahui
Artikel Selanjutnya
4 Bentuk Kekerasan Pada Anak yang Tidak Disadari oleh Orangtua