Sukses

Parenting

Kenali Ciri-Ciri Hamil dalam 1 Minggu yang Sering Tidak Disadari

Fimela.com, Jakarta Buah hati adalah suatu anugerah terindah bagi pasangan suami istri. Banyak cara dilakukan untuk membuat anak, seperti program hamil yang dilakukan oleh pasangan muda. Program hamil juga bisa dilakuakn dengan menjalankan pola hidup sehat, menjaga dan meningkatkan kesuburan dan rutin berhubungan.

Biasanya kehamilan akan disadari setelah memasuki usia pada minggu ke 3 atau minggu ke 4. Pada saat minggu pertama, gejala dan ciri-ciri kehamilan kurang disadari oleh ibu muda. Sebenarnya ketika merasakan mual dan telat haid, bisa ditandai sebagai tanda kehamilan.

Saat hamil juga bisa ditandai dengan perubahan bentuk badan, nafsu makan yang meningkat, dan juga kram pada bagian perut atau pinggang.

Berikut ciri-ciri hamil dalam 1 minggu, yang jarang disadari pasangan muda, dilansir dari berbagai sumber:

Ciri-ciri Hamil Dalam 1 minggu

Sebenarnya ciri-ciri hamil dalam 1 minggu belum bisa diketahui secara pasti. Saat usia kehamilan 1 minggu, kehamilan merupakan suatu tahapan pertama, sebelum terjadinya proses fertilisasi yang membuahkan janin.

Kehamilan akan terjadi saat sperma bersatu dengan sel telur. Sel telur akan mengalami proses fertilisasi, yaitu pada saat sperma menempel pada dinding rahim. Proses ini juga bisa membuat haid menjadi tidak teratur atau terlambat.

Ciri-ciri kehamilan biasanya ditandai dengan perasaan mual, tekat haid, perut kembung, badan lelah, payudara mengencang, kram perut dan suasana hati berubah-ubah. Tetapi ciri-ciri ini jarang terjadi pada minggu pertama.

 

Tes USG

Saat ingin mengetahui tanda-tanda kehamilan, seorang ibu bisa melakukan tes dengan test pack atau USG. Test pack merupakan sebuah alat uji kehamilan, yang memiliki bentuk seperti stik. Sedangkan USG adalah tes kehamilan dengan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi, untuk menggambarkan perkembangan janin dan juga organ reproduksi ibu hamil.

Namun sayangnya tes tersebut tidak bisa mendeteksi kehamilan, pada saat usia kehamilan masih 1 minggu. Tes akan memerikan hasil yang akurat pada saat usia kehamilan menduduki usia 3 minggu atau 4 minggu.

Tapi bagi Sahabat Fimela yang ingin melakukan tes USG, bisa membantu untuk mengetahui organ reproduksi, seperti fibroid, yang bisa menghambat kehamilan.

Persiapan Hamil 1 minggu

Sebenarnya sangat perlu menyadari ciri-ciri kehamilan pada usia 1 minggu. Namun untuk bersiap-siap agar jadi janin setelah melakukan progam hamil, Sahahat Fimela bisa menjaga pola hidup sehat, dan memahami masa ovuliasi seorang perempuan.

Ketika masa ovulasi berlangsung, mom bisa mengetahui masa subur, dan bisa merencanakan waktu berhubungan intim yang tepat dengan suami. Masa ovulasi ini bisa di cek dari tanggalan saat haid, atau menanyakan langsung kepada dokter kandungan.

Untuk menjaga pola hidup sehat, konsumsilah makanan bergizi yang memiliki kandungan karbohidrat lengkap, vitamin, mineral, serat dan nutrisi lainnya. Imbangi juga dengan melakukan olahraga yang bisa membantu program kehamilan. Dan hindari alkohol serta rokok.

;
Loading