Sukses

Parenting

5 Fakta ASI Membuat Bayi Mudah Tidur dan Tidak Mudah Sakit

Fimela.com, Jakarta Air Susu Ibu atau yang sering disebut dengan ASI, memiliki kandungan yang baik untuk tumbuh kembang bayi. ASI juga sering disebut sebagai emas cair. Hal ini karena ASI memilki banyak manfaat bagi bayi.

ASI dipercaya bisa membantu menguatkan sistem imun bayi, karena memiliki kandungan zat antibodi dan vitamin, yang bisa meningkatkan produksi sel di dalam tubuh bayi. ASI juga memiliki kandungan zat secretory immunoglobulin A (IgA), yang menjaga bayi dan ibu agar tidak mudah terinfeksi virus.

ASI juga memiliki banyak manfaat lainnya, berikut beberapa fakta ASI yang bisa membuat bayi mudah tidur dan tidak mudah sakit, dilansir dari Brilio.net:

Membuat Bayi Mudah Tidur

ASI bisa membuat bayi menjadi mudah tidur, karena bayi bisa merasakan nyaman dan tenang. Karena ASI memiliki kandungan serotonin, yang merupakan hormon untuk menenangkan dan membuat bayi mudah tidur.

Pada saat bayi sedang meminum ASI, bayi akan bertatapan wajah dengan ibu. Sehingga emosi antara ibu dan bayi menjadi terjalin. Hal ini merupakan bentuk komunikasi yang baik antara ibu dan bayi, dan membuat bayi menjadi lebih nyaamn dan tidur nyenyak.

Mencegah Kanker

ASI memiliki manfaat yang sangat baik untuk bayi, agar bayi dan ibu terhindar dari penyakit kanker. Karena ASI bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, dan mencukupi kebutuhan gizi bayi saat bertumbuh dan berkembang.

Menurut sebuah penelitian, menyusui juga bisa membantu ibu, agar terhindar dari kanker ovarium, kanker payudara, penyakit jantung dan osteoporosis. 

Bisa Membantu Mengontrol Kesehatan Bayi

Fakta saat menyusui, bisa membantu ibu untuk mengontrol kesehatan si bayi. Karena pada saat menyusui, ibu akan mendekap bayi dan melakukan kontak fisik dengan bayi.

Seorang ibu memiliki payudara yang berfungsi untuk membantu mendeteksi fluktuasi suhu tubuh bayi. Sehingga ASI ini bisa membantu mengontrol suhu tubuh bayi, agar suhu tubuh bayi selalu normal dan tidak mudah terkena demam.

Kaya Akan Mineral

Menurut sebuah penelitian, ASI memiliki kandungan yang kaya akan gizi dan nutrisi, terutama kandungan mineral seperti kalsium, protein dan antibodi.

Kandungan mineral di dalam ASI ini bisa membantu meningkatkan sel imun tubuh bayi, menguatkan tulang bayi, meningkatkan produksi sel darah putih dan membantu melawan infeksi di tubuh bayi.

Membakar Kalori

Fakta menyusui yang terakhir adalah bisa membantu membakar kalori pada ibu, sehingga berat badan ibu tetap ideal. Menurut sebuah penelitian, dalam sehari seorang ibu bisa membakar 400 hingga 600 kalori pada saat menyusui.

Untuk membantu meningkatkan produksi ASI, seorang ibu juga harus tetap mengonsumsi makanan yang bergizi dan tinggi kalori, agar nutrisi dan sistem imun ibu tidak terserap habis. Karena kalau ibu kekurangan kalori harian, tubuh ibu akan menjadi mudah lemas dan produksi ASI akan menjadi sedikit.

 

;
Loading