Sukses

Parenting

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Pasca Melahirkan agar Pemulihan Tubuh Lebih Cepat

Fimela.com, Jakarta Melahirkan adalah proses yang menyakitkan sekaligus menjadi momen yang tidak terlupakan bagi seorang perempuan yang akan berubah statusnya menjadi seorang ibu. Perjuangan melahirkan melibatkan nyawa ibu dan bayi yang dikandung. Oleh karena itu, tidak heran jika perempuan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pemulihan tubuh.

Selama proses pemulihan, ibu yang baru saja melahirkan pasti akan memiliki aktivitas terbatas serta dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat agar pemulihannya menjadi lebih cepat. Asupan gizi yang sehat tidak hanya diperlukan pada saat mengandung tetapi juga harus dilanjutkan pasca melahirkan.

Pasca melahirkan, ibu perlu mengembalikan kondisi tubuh dan mendapatkan banyak energi untuk keperluan menyusui. Tubuh akan mengalami perubahan fisik dan hormon yang besar setelah melahirkan dan kemudian harus mulai memproduksi susu untuk bayi.

Nah, maka dari itu, ibu perlu mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung gizi tinggi. Fimela.com kali ini akan membagikan ulasan 5 makanan yang wajib dikonsumsi pasca melahirkan agar pemulihan tubuh lebih cepat. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kurma

Makanan yang wajib dikonsumsi pasca melahirkan urutan pertama ialah buah kurma. Sebuah studi menemukan informasi bahwa mengkonsumsi kurma segera setelah melahirkan mengurangi kehilangan darah dan perdarahan yang secara signifikan daripada saat diberikan oksitosin. Kurma juga merupakan sumber gula sederhana yang luar biasa untuk membantu memberi dorongan energi cepat pasca-kelahiran.

Satu kurma mengemas 16 gram gula sederhana. Kurma juga kaya kalori dan karbohidrat yang dibutuhkan saat masa menyusui. Kurma merupakan sumber serat yang besar, saat pasca-kelahiran, ibu kerap mengalami sembelit, konsumsi kurma mampu mengobati sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Telur

Makanan yang wajib dikonsumsi pasca melahirkan urutan kedua ialah telur. Seperti yang diketahui bahwa telur adalah sumber protein yang penting untuk membantu menenangkan otot-otot yang sakit yang secara harfiah berkontraksi tanpa henti sepanjang proses melahirkan. Telur juga menyehatkan karena mengandung lemak omega-3 yang meningkatkan fungsi otak.

Penelitian telah menemukan hubungan antara makanan yang rendah tingkat omega-3 dan depresi pascapersalinan. Konsumsi makanan kaya omega-3 dapat membantu mengurangi risiko stres pasca-kelahiran. Tubuh membutuhkan tiga hingga empat porsi protein 3 ons per hari ditambah empat hingga lima porsi susu untuk memenuhi kebutuhan protein.

Buah Apel

Makanan yang wajib dikonsumsi pasca melahirkan urutan ketiga ialah buah apel. Satu buah apel mengemas 4,4 gram serat untuk kelancaran pencernaan. Apel juga sangat mudah untuk dikemas dalam persiapan sebelum persalinan. Apel kaya akan zat besi dan membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan mencegah anemia.

Risiko anemia lebih tinggi selama kehamilan dan melahirkan. Vitamin C pada apel juga membangun resistensi dan menangkal infeksi pasca-kelahiran. Gula sederhana termasuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang ada dalam apel memberikan dorongan energi langsung usai persalinan.

Oatmeal

Makanan yang wajib dikonsumsi pasca melahirkan urutan keempat ialah oatmeal. Oatmeal adalah karbohidrat lembut yang relatif lunak untuk mengisi kembali cadangan glikogen. Sembelit merupakan efek samping umum pasca persalinan berkat hormon kehamilan. Konsumsi oatmel dengan buah mampu melancarkan pencernaan dan mendukung kesehatan usus.

Kelebihan lain dari oatmeal adalah ia dikenal sebagai galactagogue, makanan yang dapat meningkatkan pasokan ASI. Kombinasi karbohidrat, zat besi, dan kalori menjadikannya pilihan yang mempromosikan kelancaran ASI dengan baik. Ibu bisa mengonsumsi oatmeal dengan potongan buah segar kaya vitamin dan serat. Buah kering seperti kismis juga bisa menjadi pilihan sehat.

Sup Ayam

Terakhir, makanan yang wajib dikonsumsi pasca melahirkan ialah sup ayam. Saat melahirkan dan pasca-kelahiran, ibu akan berkeringat lebih banyak. Ini normal karena tubuh menyesuaikan diri dengan fluktuasi hormon dramatis. Meski telah dibantu infus, memastikan tubuh mendapat cairan tubuh cukup juga penting. Diperkirakan bahwa perempuan menyusui membutuhkan cairan tambahan per hari dibandingkan dengan perempuan yang tidak menyusui.

Menghidrasi tubuh tak cuma dilakukan dengan minum air. Mengonsumsi sup ayam juga merupakan perawatan pasca-kelahiran yang sempurna. Kaldu akan menghidrasi dan rasa asin akan memenuhi elektrolit secara alami.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Membuat Anak Suka Berhitung dan Menggemari Matematika
Artikel Selanjutnya
Dari Mainan hingga Trik, Ini 3 Cara Melatih Anak Berdiri Sendiri