Sukses

Parenting

5 Minuman Sehat untuk Ibu Menyusui

Fimela.com, Jakarta Saat ibu sedang menyusui, seorang ibu harus menjaga kesehatan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi, agar ibu dan bayi tetap sehat dan tidak mudah terkena virus.

Menjaga kesehatan tubuh ibu menyusui, bisa dengan mengonsumsi minuman yang menyehatkan, yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Karena saat ibu menyusui, akan sering merasa dehidrasi.

Tentu saja minuman yang wajib dikonsumsi adalah air putih, minimal 2 liter sehari untuk memenuhi cairan di dalam tubuh. Tetapi masih ada minuman pendukung lainnya, yang menyehatkan ibu menyusui. Berikut minuman sehat yang dilansir dari Brilio.net:

 

Jus Sayuran

Tak hanya baik untuk dikonsumsi, sayuran hijau seperti bayam atau pokcoy bisa diolah menjadi jus, dan dijadikan sebagai minuman sehat bagi ibu menyusui.

Sayuran hijau memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang bisa membantu menangkal radikal bebas, serta melindungi sel imun tetap kuat, agar ibu menyusui dan bayi tidak mudah sakit.

Sayuran hijau juga memiliki kandungan zat besi, yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan pada bayi, agar bayi tidak kembung dan sembelit.

Susu

Seorang ibu yang sedang menyusui, juga perlu mengonsumsi susu, karena susu memiliki kandungan kalsium yang diperlukan oleh ibu menyusui.

Mengonsumsi susu hangat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan bayi, mencegah penyakit, membuat tenang dan meningkatkan suasana hati ibu menyusui.

Karena tidak semua ibu bisa mengonsumsi susu sapi, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, atau konsumsilah susu nabati seperti susu almond atau kacang kedelai.

Susu Kunyit

Selain mengonsumsi susu hangat yang terbuat dari susu sapi, susu almon atau susu kedelai. Mom juga bisa mengonsumsi susu yang terbuat dari kunyit.

Susu kunyit merupakan minuman tradisional yang menyehatkan, karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bersifat anti bakteri, anti mikroba dan anti inflamasi.

Susu kunyit ini membantu mempercepat penyembuhan luka melahirkan. Susu kunyit juga bisa dijadikan sebagai nutrisi tambahan, yang membantu tumbuh kembang bayi lebih sehat.

Jus Buah Bit

Buah bit adalah jenis buah yang memiliki warna ungu kemerahan. Buah ini sebenarnya termasuk ke dalam jenis umbi-umbian, yang sering dijadikan sebagai obat tradisional.

Buah bit ini bisa membantu memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Karena setelah ibu melahirkan, cenderung akan kekurangan sel darah merah dan mengalami anemia.

Jus buah bit ini juga bisa membantu melancarkan produksi ASI, memberikan energi untuk ibu menyusui, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kinerja otak pada bayi.

Air Lemon

Minuman menyehatkan yang terakhir adalah air perasan lemon. Buah lemon memang sudah terkenal dari dulu, baik di dalam dunia kesehatan maupun dunia kecantikan.

Air perasan lemon diperkaya dengan vitamin C dan antioksidan, yang bisa membantu meningkatkan kualitas ASI, menguatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah dehidrasi.

Selain itu juga terdapat kandungan riboflavin, vitamin B, kalsium, magnesium, fosfor, karbohidrat dan protein yang bisa melancarkan sistem pencernaan ibu dan bayi.

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Memilih Sampo untuk Anak yang Aman Digunakan
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah