Sukses

Parenting

7 Cara Efektif Membiasakan Anak agar Menghormati Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Mengetahui bagaimana menghormati orang lain adalah salah satu keterampilan terpenting yang dapat dipelajari seseorang. Jika dipelajari sejak dini, hal itu dapat berdampak positif pada perkembangan seorang anak, terutama menjadi individu yang bertanggung jawab yang tahu bagaimana menghargai pendapat dan kepercayaan orang lain.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mengajari anak-anak rasa hormat dan membantu mereka agar bisa bergaul dengan baik di dalam lingkungannya. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Hormatilah Anak

Memimpin berarti harus siap memberi contoh. Ketika orantuua menghormati anak, mereka juga akan belajar dengan sendrinya bagaimana cara menghormati orang lain. Berhenti dan berpikirlah sebelum orangtua berbicara kepada anak dan contohkan jenis perilaku yang orantua harapkan dari anak.

2. Meminta Maaf pada Anak

Tidak ada orangtua yang sempurna dan membuat kesalahan adalah hal yang manusiawi. Minta maaflah ketika orangtua melakukan kesalahan dan mengakui kesalahan, sehingga mereka dapat memahami bahwa itu adalah perilaku yang salah.

 

3. Ajarkan Keterampilan Interaksi Sosial Dasar.

Jangan lupa untuk mengajarkan pada anak menggunakan tiga kata ajaib, seperti: tolong, maaf dan terima kasih. Ini adalah tiga kata ajaib yang akan membantu menumbuhkan rasa hormat pada anak saat berada dalam lingkungan sosial.

4. Kesadaran Budaya.

Mengajari anak-anak bagaimana budaya yang berbeda menunjukkan rasa hormat memberi mereka pengenalan untuk menghormati orang lain sambil menunjukkan itu adalah sikap yang diharapkan saat ia berada di manapun, tidak hanya di rumah saja.

5. Tetapkan Ekspektasi yang Realistis

Beri tahu anak perilaku hormat yang diharapkan dalam situasi atau peristiwa tertentu. Sehingga orangtua bisa memperkuat atau menindaklanjuti konsekuensi saat mereka tidak memenuhi harapan yang orangtua inginkan.

6. Membicarakan Masalahnya

Jika ada kejadian di mana anak-anak melakukan hal yang kasar atau tidak sopan, bicarakan hal itu setelah dia tenang. Ini adalah kesempatan bagi anak untuk melihat bagaimana mereka bereaksi dari sudut pandang orang lain. Berikan saran tentang bagaimana dia seharusnya bereaksi.

7. Ajarkan Keterampilan Mendengarkan.

Ajari anak cara mendengarkan orang lain dengan baik, seperti melihat orang yang mereka ajak bicara dan tidak menyela ketika seseorang sedang berbicara. Mengetahui cara mendengarkan menunjukkan perilaku yang baik dan menghargai lawan bicara.

Mengajari anak-anak rasa hormat mungkin membutuhkan waktu dan upaya yang tidak sebentar, tetapi itu semua usaha itu akan bermanfaat dalam jangka panjang bagi anak dan orang di sekitarnya. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Loading