Sukses

Parenting

Tanamkan 6 Kebiasaan Baik untuk Pola Hidup Sehat pada Anak Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Menjalani pola hidup sehat harus dimulai sedini mungkin. Dengan menjalani pola hidup sehat akan membuat anak terbebas dari berbagai penyakit. Untuk meneguhkan komitmennya membantu 50 juta anak menjalani hidup yang lebih sehat, Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Association of Culinary Professionals Indonesia (ACPI) merayakan Hari Chef Sedunia dan mengajak siswa sekolah dasar untuk mengenal pola makan sehat.

Komitment ini dilakukan melalui edukasi akan manfaat kandungan gizi dalam makanan terhadap tubuh. Kegiatan ini dikombinasikan dengan kegiatan memasak bersama yang interaktif dan seru untuk anak-anak. Ini sebagai langkah memperkenalkan pola hidup sehat sejak dini pada anak.

“Kami percaya bahwa memperkenalkan pola hidup sehat dan aktif harus dimulai sejak dini, melalui edukasi dan mengajak anak untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam keseharian mereka. Oleh karena itu, kami melibatkan para siswa dalam proses memilih dan mengolah bahan makanan, memasak, hingga menghidangkannya dengan cara yang menarik dan interaktif, sehingga kegiatan ini dapat dipraktikkan sehari-hari,” kata Debora Tjandrakusuma Corporate Affairs Director Nestlé Indonesia.

Melalui 6 Kebiasaan Baik, Nestle ingin membantu orang tua, guru, dan anak-anak dalam membentuk pola hidup sehat. Berikut 6 Kebiasaan Baik yang digagas melalui Nestlé for Healthier Kids untuk diterapkan bagi keluarga Indonesia untuk menanamkan pola hidup sehat sejak dini pada anak.

6 Kebiasaan Baik untuk tanamkan pola hidup sehat pada anak

1. Beri asupan gizi sesuai usia

2. Konsumsi beragam jenis makanan bergizi seimbang

3. Mengatur porsi makan yang tepat sesuai usia anak

4. Konsumsi banyak air putih

5. Lebih aktif bergerak

6. Menikmati makan bersama keluarga.

 

Mengajak anak terlibat dalam proses memasak

Psikolog anak Saskhya Aulia Prima, M.Psi juga mendukung keterlibatan anak dalam proses memasak sebagai upaya menanamkan gaya hidup sehat sejak dini. Ketika anak ikut terlibat di dapur, orang tua dapat memperkenalkan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan serta manfaatnya untuk tumbuh kembang anak. Aktivitas memasak bersama juga dapat menciptakan momen kebersamaan, membangun ikatan yang lebih kuat antar keluarga serta menanamkan rasa tanggung jawab pada anak terhadap kesehatan mereka sendiri.

"Riset menunjukkan bahwa kebiasaan hidup sehat yangditerapkan sejak dini secara moderat akan terus diterapkan hingga dewasa. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk membantu anak menerapkan pola makan sehat yang diimbangi dengan olahraga rutin sejak dini, untuk memastikan anak dapat meneruskan kebiasaan baik ini hingga dewasa,” kata Saskhya.

Mengusung tema ‘How Healthy Food Works’, perayaan Hari Chef Sedunia tahun ini memberikan beragam kegiatan menarik bagi para siswa, orang tua dan guru dari sekolah dasar binaan Nestlé Indonesia. Kegiatan tersebut antara lain adalah kelas gizi interaktif bagi para siswa yang membahas jenis-jenis kandungan gizi dalam berbagai makanan sehat dandampaknya bagi bagian-bagian tubuh, serta pemahaman akan gizi yang lebih komprehensif bagi guru dan orang tua.

#GrowFearless with Fimela

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Loading
Artikel Selanjutnya
Jelang Liburan Akhir Tahun, Intip 50 Inspirasi Mainan Sebagai Hadiah untuk Anak
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Aktivitas Bermain Anak Tetap Seru Walau Hujan