Sukses

Parenting

7 Tanda Pasti Hamil yang Harus Segera Disadari

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan yang sudah menikah menunggu kehadiran bayi, untuk melengkapi keluarga, menambah kebahagiaan dan sebagai buah cinta dalam kehidupan.

Ada beberapa tanda pasti hamil, yang dapat kamu rasakan mulai dari minggu awal kehamilan, atau terhitung sejak hari pertama haid terakhir. Dengan hitungan ini, Sahabat Fimela bisa menandai pembuahan yang terjadi pada hari ke 14 siklus haid.

Tanda-tanda pasti hamil ini, hampir mirip dengan tanda yang dirasakan perempuan, pada saat mengalami siklus haid. Walaupun tanda pasti hamil setiap perempuan berbeda-beda, tetapi ada beberapa tanda yang mirip.

Tanda pasti hamil yang paling terlihat adalah karena terlambat haid, mengalami morning sickness, bentuk tubuh yang mulai berubah dan lain sebagainya. Jika tanda-tanda ini mulai muncul, cobalah datang ke dokter kandungan untuk berkonsultasi. Berikut tanda pasti hamil, yang dilansir dari Liputan6.com:

Tanda Pasti Hamil Secara Umum

Payudara Sensitif

Tanda pasti hamil yang pertama, yaitu payudara terasa lebih sensitif daripada biasanya. Sebenarnya payudara yang sensitif ini, juga dirasakan pada saat mengalami siklus haid.

Payudara akan terasa sangat nyeri jika disentuh. Pada bagian areola atau sekitar putting susu, warnanya akan terlihat lebih gelap. Bentuk payudara terlihat membesar dan terasa lebih berat. Perubahan ini akan dialami pada trimester pertama saat hamil.

Nyeri Punggung

Saat mengalami tanda pasti hamil, punggung akan terasa sangat nyeri dan kram. Kondisi ini disebabkan karena ligamen menjadi lebih longgat. Umumnya nyeri punggung ini terjadi dari awal kehamilan, hingga masa akan melakukan persalinan.

Rasa nyeri ini dibarengi dengan perasaan lelah. Karena bayi mulai bertumbuh dan berkembang di dalam tubuh ibu, yang menyebabkan ibu mengalami perubahan hormone, kadar gula darah dan tekanan darah di dalam tubuh.

Muncul Flek

Tanda pasti hamil yang selanjutnya, bisa ditandai dengan munculnya flek seperti darah haid, yang berwarna cokelat atau merah gelap. Flek ini disebabkan karena adanya sisa darah di dalam rahim setelah haid.

Flek darah ini juga bisa muncul karena pernah berhubungan seksual, kurang lebih 10 hari sebelum mengalami masa kehamilan. Pendarahan ringan atau flek ini, umumnya terjadi setelah 10 hari sampai 14 hari masa pembuahan.

Tanda Pasti Hamil yang Sering Dialami

Mengidam

Tanda pasti hamil yang sering dialami perempuan adalah mengidam. Mengidam adalah hal yang normal dialami ibu hamil. Ia akan memiliki sebuah keinginan untuk memakan atau meminum sesuatu, hingga melakukan sesuatu secara tiba-tiba dan harus dituruti.

Mengidam yang dilakukan ibu hamil ini, biasanya diikuti dengan perasaan yang sangat sensitif. Suasana hati akan mudah berubah dan sangat mudah terseinggung. Hingga muncul beberapa perilaku dan perasaan yang sangat keibuan.

Sesak Napas

Saat mengalami kehamilan, bisa ditandai dengan sesak napas. Walaupun sesak napas ini bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Tetapi sesak napas sering terjadi pada kehamilan 1 minggu.

Hal ini disebabkan karena perubahan hormone progesterone yang meningkat, lalu menyebabkan otak memberikan sinyal ke paru-paru, untuk mengambil udara lebih banyak dari biasanya. Sesak napas ini juga bisa terjadi saat bayi mulai membesar, karena bentuk bayi bisa menghalangi paru-paru untuk berkembang secara optimal.

Keputihan

Tanda pasti hamil yang terakhir, yaitu munculnya keputihan yang lebih banyak daripada biasanya. Walaupun keluar lebih banyak, tetapi keputihan ini tetap normal, tidak menyebabkan bau dan warnanya putih bening.

Keputihan ini adalah lender yang muncul di organ kewanitaan, karena tubuh membersihkan organ secara alami, untuk menjaga kelembapan dan kesehatan pada organ kewanitaan.

Morning Sickness

Tanda pasti hamil yang sering muncul adalah morning sickness. Morning sickness adalah perasaan mual dan muntah, yang terjadi pada masa kehamilan.

Morning sickness ini akan dialami pada trimester yang pertama. BIsa terjadi di pagi hari, siang, sore dan di malam hari. Tanda ini bisa menyebabkan ibu hamil mengalami dehidrasi, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi banyak cairan untuk menghidrasi tubuh.

Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
Menilik Karakter Perempuan dengan Zodiak Gemini
Artikel Selanjutnya
Kumpulan Kata-kata Sabar dan Ikhlas agar Hati Tenang dan Damai