Sukses

Parenting

15 Daftar Barang yang Diperlukan untuk Bayi Baru Lahir

Fimela.com, Jakarta Saat memasuki trimester ketiga atau hari perkiraan lahiran, Sahabat Fimela harus mulai mempersiapkan barang-barang yang diperlukan bayi, agar saat bayi lahir semua barangnya sudah tersedia.

Menyiapkan barang untuk bayi adalah kegiatan yang bisa membuat suasana hati ibu senang, membantu menghilangkan stres dan kegiatan relaksasi agar tidak cemas menunggu waktu lahiran. Tapi saat mempersiapkan barang bayi ini, Mom harus tetap menjaga kesehatan dan tidak boleh kelelahan.

Kalau sudah mengetahui jenis kelamin bayi, tentu saja akan memudahkan orang tua saat membeli perlengkapan bayi. Sebelum membeli barang-barang bayi, lebih baik menyiapkan daftar belanja terlebih dahulu, agar tidak belanja barang atau perlengkapan yang tidak diperlukan bayi. Berikut daftar barang yang diperlukan bayi yang baru lahir, dilansir dari berbagai sumber:

Pakaian Bayi

1. Baju Bayi

Barang pertama yang diperlukan untuk bayi lahir adalah baju bayi. Belilah baju lengan pendek, baju lengan panjang, jumpsuit, jaket atau jenis baju lainnya. Usahakan untuk membeli baju yang berbahan katun, agar menyerap keringat bayi dan nyaman untuk digunakan.

 

2. Celana Bayi

Celana adalah barang yang diperlukan bayi saat lahir. Belilah beberapa celana panjang yang bisa membuat kaki bayi tetap hangat, terhindar dari gigitan nyamuk dan nyaman untuk digunakan. Usahakan untuk membeli celana yang karetnya tidak terlalu kencang.

3. Kaos Kaki Bayi

Bayi juga memerlukan kaus kaki yang menghangatkan kakinya, agar bayi tidak terkena masuk angin atau perut kembung. Pilihlah kaus kaki yang tidak terlalu kencang dan bahannya lembut.

4. Sarung Tangan

Selain kaos kaki, bayi juga memerlukan sarung tangan yang bahannya terbuat dari katun lembut. Sarung tangan ini bisa menghangatkan bayi, dan melindungi kulit bayi dari kukunya mulai tumbuh.

5. Topi Bayi

Topi bayi juga diperlukan untuk melindungi kepala, wajah dan telinganya. Topi bayi bisa digunakan saat bayi pergi keluar rumah. Gunakan topi yang bahannya halus dan nyaman untuk dipakai.

Perlengkapan Mandi Bayi

6. Popok Bayi

Popok bayi adalah barang yang sangat diperlukan bayi. Karena saat bayi lahir, bayi akan sering buang air kecil dan air besar, sehingga memerlukan popok agar bayi lebih nyaman. Mom bisa menggunakan popok sekali pakai atau popok yang terbuat dari kain. Pilihlah bahan yang tidak mengiritasi bayi.

7.Tisu Basah Bayi

Tisu basah merupakan barang yang praktis, yang bisa dibawa kemana saja untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit bayi. Hindari membeli tisu basah yang memiliki kandungan alkohol dan parfum, karena bisa membuat kulit bayi iritasi.

8. Handuk Bayi

Handuk adalah perlengkapan bayi yang dibutuhkan untuk mandi. Pilihlah handuk yang bahannya lembut, mudah menyerap air dan ukurannya sesuai dengan badan bayi. Usahakan untuk mencuci handuk setelah digunakan sebanyak 5kali.

9. Kain Lap

Kain lap atau wash lap juga dibutuhkan saat mandi. Biasanya kain lap ini digunakan untuk menggosok kulit bayi saat mandi, sehingga usahakan untuk memilih kain yang teksturnya lembut agar kulit bayi tidak terluka.

10. Sabun Bayi

Sabun bayi dan sampo bayi biasanya dikemas dalam satu kemasan botol. Usahakan untuk membeli sabun bayi yang tidak mengandung alkohol dan parfum. Belilah sabun bayi yang formulanya hypoallergenic dan mild, agar tidak mengiritasi kulit bayi. Selain itu, belilah lotion bayi dan minyak telon yang digunakan setelah mandi.

Perlengkapan Tidur Bayi

11. Kain untuk Membedong

Kain untuk membedong juga diperlukan untuk bayi yang baru lahir. Selain bisa menghangatkan tubuh bayi, kain untuk membedong ini berfungsi untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk, dan membuat tidur bayi menjadi lebih nyenyak.

12. Bantal Bayi

Bantal yang diperlukan bayi lahir adalah bantal yang dibagian tengahnya menjorok ke dalam. Bantal ini diperlukan untuk bayi tidur, agar bentuk kepalanya tidak miring saat tidur.

13. Perlak Bayi

Perlak bayi adalah alas tidur yang tahan air. Biasanya perlak ini di taruh di atas kasur dan ditutupi dengan sprey atau kain. Perlak bayi ini bisa membuat bayi tidur lebih nyaman karena terhindar dari kebocoran saat bayi buang air.

14. Tempat Tidur Bayi

Sebenarnya tempat tidur bayi ini tidak terlalu diperlukan, kalau bayi bisa tidur bersama orang tuanya di satu kasur. Namun kalau membeli tempat tidur bayi, usahakan membeli yang kasurnya empuk, dengan ukuran yang sesuai tubuh bayi. Jangan lupa untuk menaruh selimut bayi, bantal dan guling di tempat tidurnya.

15. Gendongan Bayi

Gendongan bayi juga dibutuhkan bayi baru lahir, agar bayi nyaman saat digendong dan ibu tidak terlalu capek saat menggendong. Ada berbagai macam jenis gendongan untuk bayi. Belilah gendongan bayi yang sesuai dengan budget dan kenyamanan.

Perlengkapan Lainnya

Selain perlengkapan yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa barang yang dibutuhkan bayi baru lahir, tetapi bukan kebutuhan yang terlalu mendesak untuk dibeli.

Mom bisa menyiapkan uang untuk membeli stroller, agar bayi nyaman saat sedang pergi keluar rumah. Baby chair juga diperlukan untuk bayi yang sudah memasuki usia MPASI.

Alat sterilisasi juga dibutuhkan untuk menyimpan perlengkapan bayi, seperti botol susu agar tetap steril. Belilah barang-barang yang diperlukan bayi dengan budget yang sesuai.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Sehat Mengonsumsi Kopi di Bulan Ramadan, Bantu Cegah Dehidrasi
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mudah Menjaga Kadar Cairan Tubuh selama Berpuasa agar Tetap Sehat