Sukses

Parenting

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Asupan Nutrisi yang Perlu Dipenuhi

Ibu hamil tidak diperkenankan untuk mengonsumsi makanan asal-asalan. Apalagi makanan dan segala asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil akan sangat memengaruhi tubuh kembang janin dalam kandungan, mulai perhatikan makanan sehat untuk ibu hamil, ya!

Ibu hamil memerlukan asupan nutrisi seperti asam folat, vitamin B6, zat besi, karbohidrat, protein, kalsium, lemak, serat, dan vitamin C. Untuk bisa memenuhi seluruh nutrisi ini dengan cukup dan seimbang, makanan sehat untuk ibu hamil bisa dijadikan sebagai pilihannya.

Mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil ini penting. Ibu yang kekurangan nutrisi selama masa kehamilan, akan lebih berisiko mengalami gangguan seperti rentan keguguran, bayi cacat lahir, terhambat tumbuh kembangnya, dan masih banyak lagi.

Berikut Fimela.com ulas rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Telur

Telur adalah salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Menambahkan telur ke dalam makanan dapat meningkatkan asupan nutrisi penting saat hamil termasuk folat. Satu butir telur mengandung 23,5 mcg folat. Telur juga mengandung protein, selenium, riboflavin, dan vitamin B12 .

Makanan sehat untuk ibu hamil ini merupakan sumber protein yang menyediakan asam amino untuk ibu dan bayi. Telur mengandung lebih dari selusin vitamin dan mineral, termasuk kolin, yang baik untuk perkembangan otak bayi. Tetap pastikan bahwa ibu mengonsumsi telur yang benar-benar matang.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 dan protein yang sangat baik untuk ibu hamil. Makanan sehat untuk ibu hamil ini dapat diandalkan untuk meningkatkan kemampuan kogitif janin dalam kandungan.

Asam lemak omega-3 (alias DHA dan EPA) dalam ikan dapat membantu otak bayi berkembang serta meningkatkan keterampilan motorik, dan mengurangi risiko masalah neurologis si kecil di kemudian hari.

Susu

Susu dan produk olahannya merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Susu dan produk olahannya seperti keju atau yoghurt ini kaya beragam nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil muda.

Ada protein, vitamin D, iodium asam folat, dan kalsium. Kalsium baik untuk ibu hamil muda dan pertumbuhan tulang janin.

Selain itu pastikan untuk memilih jenis susu yang sudah melewati proses pasteurisasi. Susu yang belum dipasteurisasi seperti susu mentah dari sapi, kemungkinan besar masih mengandung bakteri berbahaya.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau berdaun seperti bayam dan kale rendah kalori, tetapi banyak mengandung vitamin dan mineral, termasuk folat. Satu cangkir (30 gram) bayam mentah menghasilkan 58,2 mcg folat. Sayuran hijau ini tinggi serat, vitamin K dan A, membuatnya cocok dijadikan makanan yang baik untuk janin.

Selain itu, makanan sehat untuk ibu hamil ini kaya akan antioksidan. Mereka mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Kandungan seratnya yang tinggi, membuat bayam dapat mencegah sembelit, yang merupakan masalah yang sangat umum di antara ibu hamil.

Mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil ini dapat membatu pengurangan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Hal ini juga dapat membuat bayi yang dilahirkan terhindar dari masalah stunting di kemudian hari.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menilik Karakter Perempuan dengan Zodiak Gemini
Artikel Selanjutnya
Kumpulan Kata-kata Sabar dan Ikhlas agar Hati Tenang dan Damai