Sukses

Parenting

3 Tips Memilih Sabun Mandi Bayi yang Tidak Mengiritasi Kulit

Fimela.com, Jakarta Bayi memiliki kulit yang lebih tipis daripada orang dewasa. Sehingga saat memandikan bayi, Sahabat Fimela harus memilih sabun mandi yang tepat, dan memandikan bayi secara rutin, agar terhindar dari berbagai macam penyakit kulit.

Sabun mandi yang digunakan untuk memandikan bayi pun harus diperhatikan. Karena ada beberapa sabun mandi, yang bisa menyebabkan kulit bayi jadi iritasi. Kulit bayi memang sangat sensitif, sehingga jangan gunakan sabun mandi milik orang dewasa untuk memandikan bayi.

Sabun mandi untuk bayi juga bisa membuat aroma tubuh bayi menjadi wangi seharian, kulit terlihat lebih sehat dan menjadi lembut. Agar tidak salah pilih sabun mandi untuk bayi, berikut tips memilih sabun mandi bayi, yang dilansir dari berbagai sumber:

Tips Memilih Sabun Mandi Bayi

1. Pilih Kandungan pH yang Sesuai dengan Kulit Bayi

Tips memilih sabun mandi yang pertama, yaitu memilih sabun mandi dengan kandungan pH yang sesuai dengan kulit bayi. Kalau kulit bayi sangat mudah kotor dan berkeringat, Mom bisa menggunakan sabun mandi dengan sabun mandi dengan kandungan basa. Tetapi jika kulit bayi sensitif, gunakan sabun mandi dengan asam rendah yang tidak memicu iritasi kulit.

2. Perhatikan Jenis Sabun Mandi untuk Bayi

Sabun mandi terdiri dari sabun busa, sabun cair dan sabun batang. Jenis sabun busa biasanya digunakan untuk bayi yang baru lahir, sabun mandi cair cocok digunakan untuk bayi yang sudah bisa duduk, sedangkan sabun batang bisa digunakan untuk bayi yang memiliki kulit kering.

3. Pilih Kandungan Sabun Mandi yang Aman untuk Bayi

Sebelum membeli sabun mandi, usahakan untuk melihat kompisis kandungan yang terdapat di belakang kemasan sabun mandi. Kandungan yang aman untuk kulit bayi adalah soap base atau kalium. Selain itu, sabun mandi yang aman untuk bayi adalah sabun mandi yang mengandung surfaktan seperti lauryl glucoside, sodium cocoyl glutamate, sodium lauroyl glutamate, sodium lauroyl methylalanine dan sodium cocoyl methylalanine.

Cara Memandikan Bayi

Kalau memiliki bayi yang baru saja lahir dan masih memiliki tali pusar, kamu bisa memandikan bayi dalam waktu 3 kali seminggu, sampai tali pusarnya terputus dan tertutup. Usahakan untuk tidak memandikan bayi dengan merendam bayi dalam bak.

Saat bayi baru lahir, mandikan bayi dengan cara gunakan washlap lembut untuk mengelap tubuh bayi dari atas ke bawah. Lalu segera keringkan dengan handuk lembut.

Tetapi jika tali pusar bayi sudah terlepas dan tertutup, Mom bisa memandikan bayi di bak mandi khusus untuk bayi. Bak mandi bisa diisi dengan air kurang lebih setinggi 3 inci, lalu gunakan air yang hangat.

Cara memandikan bayi dengan bak mandi, yaitu dengan menggunakan satu tangan untuk menopang kepala bayi dan tangan satunya untuk memandikan bayi. Kemudian segera angkat bayi dan keringkan.

Rekomendasi Sabun Mandi Bayi

1. Zwitsal Natural Baby Bath with Minyak Telon

Rekomendasi sabun mandi untuk bayi yang pertama, yaitu Zwitsal Natural Baby Bath with Minyak Telon. Sabun mandi ini bisa membuat tubuh bayi menjadi rileks dan tetap hangat setelah mandi. Karena sabun mandi ini mengandung minyak telon. Sabun mandi ini harganya sekitar Rp 23ribuan.

2. Johnson's Top-To-Toe Hair & Body Baby Bath

Sabun mandi untuk bayi dari Johnson's Top-To-Toe Hair & Body Baby Bath, juga bisa digunakan untuk mencuci rambut bayi. Sabun mandi ini memiliki kandungan asam rendah yang ringan digunakan untuk bayi, sehingga tidak menyebabkan iritasi. Produk ini dijual dengan harga Rp 40ribuan.

3. Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Rekomendasi sabun mandi bayi yang selanjutnya adalah Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo. Sabun mandi sekaligus sampo ini, bisa membuat kulit dan rambut bayi menjadi lembut dan memiliki senyawa anti iritasi. Kandungan ini mengandung glycerin dan panthenol, yang membuat kulit dan rambut tetap terjaga kelembapannya. Harga dari produk ini sekitar Rp 100ribuan.

4. Sebamed Baby Bubble Bath

Sabun mandi dari Sebamed Baby Bubble Bath, adalah sabun mandi yang memiliki kandungan bahan alami, yang aman digunakan untuk merawat kulit yang terkena eksim atau alergi. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 100ribuan.

5. Pigeon Baby Foam Soap

Rekomendasi sabun mandi bayi yang terakhir yaitu Pigeon Baby Foam Soap. Sabun mandi ini memiliki kandungan vernix dan ceramide , yang bisa membantu merawat kulit bayi yang kering dan mudah iritasi. Sabun mandi ini dijual dengan harga Rp 300ribuan.

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
50 Kata-kata Tentang Ikhlas yang Menentramkan Hati dan Pikiran
Artikel Selanjutnya
70 Kata-Kata Mutiara Bahasa Arab yang Bisa Dijadikan Semangat dan Motivasi