Sukses

Parenting

Cara Mengatasi Masalah Rambut Rontok saat Masa Kehamilan

Rambut rontok adalah masalah umum yang dihadapi oleh perempuan selama fase kehamilan. Ini terjadi karena perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh sehingga membuat rambut tidak bisa awet tumbuh di kepala.

 

Umumnya rambut rontok dapat terjadi karena beberapa alasan. Di antaranya gizi buruk, kurangnya asupan zat besi, dan penyakit tertentu. Kehilangan rambut ini biasanya terjadi selama trimester pertama kehamilan.

Meski demikian perlu diingat bahwa tiap ibu hamil mengalami gejala yang berbeda selama kehamilan. Tidak semua ibu hamil mengalami kerontokan. Namun, bila kamu adalah salah satu ibu hamil yang mengalami kerontokan, maka penting untuk mengobati masalah tersebut.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas cara mengatasi rambut rontok saat masa kehamilan. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Memenuhi Asupan Nutrisi Sehat

Asupan nutrisi, seperti seng, vitamin B, asam folat, zat besi dan kalsium, adalah jenis asupan yang baik dan dianjurkan untuk mengatasi rambut rontok. Beberapa studi menunjukkan asupan vitamin D juga berdampak positif. Vitamin biotin bahkan diketahui dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Menggunakan Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok pada masa kehamilan bisa menggunakan lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya tak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala kamu.

Sebelum menerapkan cara ini basahi dulu rambut kamu dan tunggu sampai setengah kering. Setelah itu usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepala kamu, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Menggunakan Kemiri

Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi penyebab rambut rontok. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala.

Cara merawat rambut rontok yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut. Langkah terakhir yakni keramas dengan shampo agar rambut kamu bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Menggunakan Minyak Esensial

Salah satu minyak esensial terbaik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah minyak rosemary. Minyak ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme sel yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebih tebal. Pastikan untuk menguji reaksi alergi sebelum mengaplikasikannya di kepala. Perlu diingat, minyak esensial wajib diencerkan dengan minyak lainnya seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. Gunakan minyak essensial tersebut sebagai masker rambut.

Memanfaatkan Kandungan Buah Alpukat

Kandungan protein yang terdapat pada buah alpukat sangat effektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut kamu. Selain mampu menguatkan rambut, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut kamu.

Cara mengatasi rambut rontok dengan alpukat cukup dengan menghaluskannya, kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala kamu. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan sampo agar bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi E-Book Novel Terbaik Versi Gramedia
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Perubahan Iklim Global yang Perlu Diketahui, Berdampak bagi Kehidupan