Sukses

Parenting

4 Rekomendasi Mainan Anak 1 Tahun ke Atas yang Seru dan Bisa Bantu Tumbuh Kembangnya

Fimela.com, Jakarta Tumbuh kembang anak adalah hal yang begitu ditunggu-tunggu bagi orangtua. Setiap momen pertumbuhan begitu berharga dan akan selalu diingat.

Demi membantu tumbuh kembang anak agar menjadi maksimal dan optimal, tentu orangtua akan melakukan apa saja. Salah satunya adalah dengan membelikan mainan edukasi yang bisa membantu anak bertumbuh dengan lebih baik.

Pemilihan mainan ini sebenarnya cukup penting bagi anak usia satu tahun. Sebab, di usia satu tahun anak berada dalam fase yang sangat aktif sehingga seluruh indera anak menjadi peka.

Mainan adalah salah satu media belajar anak untuk berkembang. Berikut ini adalah rekomendasi mainan untuk anak usia satu tahun hingga satu tahun ke atas yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Memasang sesuai bentuk

Mainan bongkar pasang sesuai bentuk ini dapat mengenalkan teka-teki sejak dini bagi para balita usia satu tahun.

Mainan ini akan membantu anak untuk melatih keterampilan memecahkan masalah. Mereka akan dipaksa untuk mengetahui bentuk-bentuk baru yang mungkin asing bagi mereka, kemudian mencari cara agar mereka bisa menyelesaikan permainan tersebut sesuai dengan bentuk yang telah mereka pahami.

 

2. Mainan balok

Balita pada usia satu tahun sudah mulai tertarik untuk mengurutkan berdasarkan warna atau bentuk, ataupula membentuk menara dengan warna beragam.

Mainan balok membuat kreativitas anak semakin terasah. Selain itu, anak akan mulai belajar untuk membuat perencanaan dan logika dasar dalam menyusun balok melalui proyeksi sederhana di dalam kepalanya.

3. Bola bertekstur

Pada usia satu tahun, banyak balita yang terobsesi pada bola. Tetapi, kemampuan motorik halus mereka yang masih belum matang membuat mereka akan sulit untuk meraih, menggenggam, ataupun meraih bola.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, mainan bola yang memiliki tekstur akan membantu anak untuk lebih mudah memainkan bola. Pilihkan bola karet ringan yang memiliki teksur tidak tajam.

Meinkan bola akan meningkatkan kemampuan fisik anak, seperti berjalan, berlari, menendang, menggenggam, dan lainnya.

4. Flash Card

Flash Card penting untuk mengasah kemampuan bicara anak. Pada usia satu tahun adalah saat yang tepat untuk mengajari anak berbicara karena di usia inilah pertumbuhan anak berkembang pesat.

Dengan menggunakan Flash Card sebagai media belajar, anak akan mengenal banyak hal baru dan menambah kosakata baru pula. Anak akan mengenal banyak bentuk baru, warna, dan hal lainnya.

Yang membuat Flash Card dapat menstimulasi kemampuan bicara anak karena pada saat bermain dengan Flash Card, anak akan mengikuti cara mengucapkan hal-hal di dalam Flash Card seperti yang dicontohkan orang dewasa.

 

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading