Sukses

Parenting

10 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif untuk Buah Hati

Fimela.com, Jakarta Momen melahirkan dan menyusui menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Meski mengesankan, tidak jarang momen menyusui menjadi hal yang membuat suasana hati tak karu-karuan alias bimbang. Terlebih jika Mom adalah ibu pekerja yang harus sibuk kerja dari pagi hingga sore bahkan malam hari. 

Karena sibuk bekerja, tidak sedikit perempuan yang ragu untuk memberikan ASI eksklusif ke buah hatinya. Padahal memberikan ASI eksklusif sangat disarankan karena memiliki segudang manfaat untuk kesehatan bayi maupun ibu.

Apa Itu Pemberian ASI Eksklusif

Mengutip dari Buku Kesehatan Ibu dan Anak, pemberian ASI eksklusif adalah pemberian ASI sepenuhnya ke bayi dari ia lahir hingga ia berusia 6 bulan. ASI eksklusif adalah memberikan ASI sepenuhnya ke bayi tanpa memberi makanan lain baik itu air putih, susu formula dan sejenisnya. 

Mengutip dari laman parents.com, para ahli menyebutkan jika tidak ada asupan nutrisi terbaik selain ASI (Air Susu Ibu) untuk bayi. ASI memiliku segudang nutrisi terbaik untuk menunjang tumbuh kembang bayi. ASI juga sebagai asupan makanan yang tak hanya mengatasi haus tetapi juga mengatasi rasa lapar. ASI mengandung nutrisi berupa vitamin, lemak, karbohidrat, protein dan berbagai nutrisi lain. 

Dibandingkan dengan susu formula atau makanan lain, ASI adalah asupan nutrisi yang mudah dicerna oleh tubuh bayi. ASI juga menjadi asupan nutrisi yang paling aman sekaligus nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Manfaat Memberi ASI Eksklusif ke Bayi

Selain bermanfaat untuk tumbuh kembang dan kesehatan bayi, memberi ASI eksklusif ke bayi juga memiliki banyak manfaat untuk ibu. Apa saja manfaatnya? 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.
  2. Meningkatkan kecerdasan anak. 
  3. Membantu anak memiliki berat badan lebih ideal. 
  4. Anak mendapat limpahan kolesterol sehat. 
  5. Mengurangi risiko alergi pada anak. Karena di usia bayi, mereka sangat rentan mengalami alergi dan masalah kesehatan lain jika mendapat makanan selain ASI. 
  6. Memperkuat hubungan ibu dan anak. Bayi yang mendapatkan susu eksklusif akan lebih dekat dan sayang ke ibu pun sebaliknya. 
  7. Ibu yang memberikan ASI eksklusif ke bayi bisa sekaligus diet dan memiliki bentuk tubuh ideal setelah melahirkan.
  8. Memberi ASI eksklusif sebagai KB alami yang bermanfaat mencegah kehamilan.
  9. Menyusui adalah aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan sehingga mampu membuat ibu merasa lebih bahagia. Ibu bisa terhindar dari stres, depresi dan kelelahan berat pasca melahirkan.
  10. Hormon oksitoksin yang keluar saat menyusui bisa bermanfaat mencegah risiko pendaraha pasca melahirkan. Ini juga bermanfaat mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan. 

Itulah sekilas mengenai pemberian ASI eksklusif dan manfaatnya. Selain manfaat di atas, manfaat lain dari pemberian ASI eksklusif adalah mencegah berbagai risiko penyakit mematikan seperti kanker payudara dan kanker ovarium. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading