Sukses

Lifestyle

Tanda-tanda Seorang Pemimpin yang Beracun dalam Kelompok

Fimela.com, Jakarta Salah satu topik paling menarik yang dipelajari oleh psikologi adalah kepemimpinan. Baik itu di tempat kerja atau dalam kelompok sosial, kepemimpinan yang efektif adalah kunci untuk hubungan antar anggota yang baik, produktivitas yang lebih besar dan hasil yang lebih baik di sekitar. Ini karena kepemimpinan memainkan peran integral dalam kepercayaan, moral, kotivasi, efisiensi dan keterpaduan kelompok (Klann, 2007).

 Di sisi lain, jika seorang pemimpin tidak hanya efektif, tetapi juga benar-benar beracun, maka semua orang dalam kelompok menderita. Kepemimpinan yang beracun menciptakan budaya ketidakpercayaan, konflik, kecemasan, dan ketakutan. Jika dirimu pernah bertemu dengan pemimpin yang beracun, maka dirimu akan mengerti mengapa sangat penting bagi dirimu untuk melindungi diri sendiri dan kelompok dari mereka. Langkah pertama untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan mengendalikan tanda-tandanya. Berikut ini beberapa karakteristik dari pemimpin yang beracun.

Mereka Tidak Mendengarkan

Keterampilan komunikasi dan interpersonal yang baik adalah bagian dari apa yang membuat pemimpin hebat. Jadi jika grupmu dikepalai oelh seseorang yang tidak menghargai input darimu, maka itu tanda pertama dari masalah. Para pemimpin seperti ini sering berpikir bahwa mereka selalu benar, sehingga mereka cepat menolak gagasan lain dan tidak setuju bahkan sebelum mereka mendengar apa yang dirimu katakana. Perlu semacam ini mencegah kelompok dari berbagi dan berkolaborasi, di mana anggota tidak punya pilihan selain melakukan apa yang diperintahkan.

Tidak Bisa Menerima Kritikan

Seorang pemimpin yang tidak mau menerima umpan balik dari anggota mereka biasanya berpikir dekat dan terlalu percaya diri. Orang-orang seperti ini cenderung mencari-cari alasan untuk kesalahan mereka atau mengalihkan kesalahan kepada orang lain.

Mereka Terlalu Egois

Studi menunjukkan bahwa di antara factor yang paling penting dari kepemimpinan yang gagal dan kinerja kelompok adalah memiliki pemimpin yang beracun. Ketika seorang pemimpin terlalu mementingkan diri sendiri dan tidak peduli tentang siapa pun kecuali diri mereka sendiri, orang-orang di sekitar mereka mungkin merasa seperti mereka hanya ada di sana untuk menopang ego mereka. Mereka terus menerus-meneru membual tentang diri mereka sendiri, menunjukkan kepedulian yang terbatas pada orang lain. Serta melihat anggota sebagai poin untuk membantu mereka mencapai tujuannya sendiri.

Mereka Terlalu Mengontrol

Jenis pemimpin beracun lainnya adalah orang yang memiliki kebutuhan neurotik untuk selalu memegang kendali. Seorang pemimpin seperti ini dengan cepat ikut campur bahkan ketika merasa seharusnya tidak dan mengambil alih tugas dan proyek oraang lain karena mereka tidak cukup mempercayai mereka untuk melakukannya sendiri. Mereka ingin melakukannya semuanya sendiri dan membuat orang lain merasa jengkel dengan kurangnya kepercayaan pada orang-orang di sekitar mereka.

Mereka Terlalu Emosional

Peran seorang pemimpin adalah membuat keputusan rasional yang dapat menguntungkan seluruh kelompok. Namun, jika memiliki seseorang yang bertanggung jawab yang diperintahkan oleh hati mereka dan sering membiarkan emosi mereka mengaburkan penilaian mereka, itu dapat berdampak negative bagi semua orang yang terlibat. Pempimpin yang murung, tidak konsisten dan tidak dapat diprediksi, cenderung membuat keputusan yang terburu-buru dan bertindak dengan cara yang tidak selalu sesuai dengan kata-kata mereka. Mereka menempatkan diri mereka dan orang-orang di sekitar mereka pada belas kasihan dari emosi mereka.

Menyalahgunakan Kekuatan Mereka

Salah satu hal terburuk yang dapat terjadi pada suatu kelompok adalah ketika orang yang salah ditugaskan, terutama ketika seseorang itu tidak dapat dipercaya dengan kekuatan yang mereka berikan. Para pemimpin seperti ini akan sering mengintimidasi orang-orang di bawah mereka dan berusaha untuk menunjukkan dominasi mereka pada orang lain. Mereka terancam setiap kali dirimu mempertanyakannya atau menantang mereka bahkan dengan cara sekecil apa pun. Karena mereka menuntut kepatuhan dari anggota mereka, bukan penerimaan.

Kepemimpinan yang beracun dapat menajdi penyebab keprihatinan serius bagi kelompok mana pun, karena hal itu sering menumbuhkan ketidakpuasan dan kebencian di antara jajarannya. Karena para pemimpin tidak hanya bertanggung jawab atas diri mereka sendiri tetapi juga orang-orang di sekitar mereka. Mereka perlu dikendalikan pada yang lebih tinggi. Kepemimpinan yang beracun dalam bentuk apa pun tidak boleh ditoleransi, karena akan membuatmu dan kelompok stres, cemas dan kelelahan yang hebat.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading