Sukses

Lifestyle

4 Jurus Jitu Mendinginkan Ruangan Tanpa Menggunakan AC, Sederhana dan Lebih Hemat

Fimela.com, Jakarta Sebagai negara tropis dan dilintasi garis khatulistiwa, Indonesia memang terkenal akan cuaca panasnya yang bikin badan gerah dan keringatan. Tentunya, hal semacam ini akan membuat siapapun jadi nggak tahan dan pengin segera memasang AC agar ruangan bisa lebih adem dan segar. Sayangnya, terus-terusan memakai AC ternyata dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Meski begitu, terdapat beberapa jurus jitu yang bisa kamu coba untuk mendinginkan ruangan tanpa penggunaan AC sama sekali. Selain praktis, cara ini juga dinilai lebih hemat karena nggak perlu mengandalkan sumber energi yang besar. Apa sajakah itu?

1. Tutup Gorden di Siang Hari

Cara mendinginkan ruangan yang pertama adalah dengan menutup gorden di siang hari. Seperti yang diketahui bahwa siang hari di Indonesia biasanya cenderung terasa panas dan lembab. Nah, agar efek panas tersebut nggak sampai masuk ke dalam rumah, maka sebaiknya tutuplah gorden yang terbuka.

Melakukan hal seperti ini nyatanya dapat membuat ruangan jadi lebih adem tanpa perlu menggunakan AC. Sebab, dengan menutup gorden, sinar matahari dapat terhalangi sehingga nggak sampai masuk ke dalam ruangan. Untuk alternatif lain, kamu juga bisa menggunakan tirai berwarna netral dengan alas plastik putih untuk mengurangi perolehan panas hingga 33 persen.

2. Buka Jendela dan Pintu agar Udara Masuk ke Dalam Ruangan

Tips selanjutnya yang bisa dicoba untuk membuat ruangan lebih adem dan dingin adalah dengan membuka jendela dan pintu. Kamu bisa melakukan hal seperti ini di malam hari agar hembusan angin malam yang sejuk dapat masuk ke dalam rumah. Selain itu, menerapkan cara seperti ini juga dapat membantu mengatur sirkulasi udara yang ada. Sehingga, udara yang sudah lama bisa tergantikan dengan yang baru dan lebih segar.

3. Gunakan Lampu LED

Jika ingin ruangan lebih dingin tanpa menggunakan AC, maka penggunaan lampu LED dapat menjadi salah satu solusi yang tepat. Lampu merupakan kebutuhan manusia modern saat ini untuk menerangi tempat di kala malam tiba. Namun, beberapa peralatan elektronik seperti bola lampu nyatanya dapat menghantarkan panas dalam tingkatan tertentu.

Meski begitu, dengan memanfaatkan lampu LED, ruangan akan jadi terang tanpa ada rasa panas yang dihasilkan. Selain itu, penggunaan barang yang satu ini juga lebih hemat energi, lho. Jadi, pas banget bagi kamu yang mau menghemat tagihan listrik bulanan.

4. Pasang Kipas Angin

Nyatanya fungsi AC untuk mendinginkan ruangan bisa digantikan dengan penggunaan kipas angin. Ya, kipas angin merupakan sebuah alat elektronik yang bisa menghasilkan angin guna menyejukkan ruangan di dalam rumah. Selain konsumsi energi listrik yang lebih rendah, benda ini juga dinilai lebih sehat dibandingkan dengan menyalakan AC. Namun, tetap harus diperhatikan ya durasi pemakaiannya.

Nah, sekarang sudah makin tahu bukan apa saja hal yang bisa membuat ruangan tetap dingin meski tanpa AC. Pastinya, berbagai hal di atas ini bisa banget untuk dicoba jika kamu ingin lebih hemat setiap bulannya. Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading