Kenali 4 Penyakit yang Sanggup Mengganggu Daya Ingatmu

Karla Farhana diperbarui 16 Sep 2015, 16:10 WIB

Fimela.com, Jakarta Daya ingat itu sangat penting. Selama ini mungkin kebanyakan orang cuma tahu satu penyakit yang bakal mengganggu daya ingat, yaitu Alzheimer. Tapi, ternyata ada penyakit lain yang ternyata juga mengganggu kemampuan mengingatmu. Sebelum ingatanmu melemah, ada baiknya kamu mengetahui beberapa penyakit tersebut. 

#Depresi

Depresi ternyata juga bisa mengakibatkan lemahnya daya ingatmu. Soalnya orang-orang yang depresi punya serotonin dan norepinephrine yang rendah. Keduanya merupakan zat yang membantu meningkatkan kekhawatiran dan kewaspadaan. 

#Hypothyroidism

Hormon tiroid seharusnya mengontrol metabolismemu. Tapi kalau kadar hormon ini rendah, maka akan membuat proses mengirimkan nutrisi ke otak lebih lama. Hal ini mengakibatkan lemahnya daya ingat. 

#Sleep Apnea

Biasanya penyakit ini diderita orang-orang yang sudah berumur di atas 40. Sleep Apnea adalah ketika pernapasanmu berhenti untuk sementara. Biasanya terjadi ketika kamu sedang tidur. Orang-orang yang mengidap penyakit ini sering mengeluh daya ingatnya semakin melemah dari hari ke hari. 

#Penyakit Celiac

Penyakit autoimun ini sebenarnya menyebabkan tubuhmu sulit mencerna makanan. Tapi ternyata juga bisa menyebabkan melemahnya daya ingat seseorang. 

 

Nah, itu dia penyakit yang bisa mengganggu daya ingatmu. Bahaya, lho, kalau kemampuan mengingatmu melemah. Soalnya kamu bisa enggak ingat apa yang baru saja kamu lakukan. Pikun, bukan hanya satu-satunya hal buruk yang bakal menyerangmu. Tapi kamu juga bisa enggak ingat keluarga dan orang yang kamu cintai. Seram!

Baca juga: Begini Alasan Kenapa Nggak Bisa Ingat Mimpimu Saat Terbangun

What's On Fimela