Tiramisu, Bikin Semangat dan Menggoda

Henry Hens diperbarui 09 Nov 2016, 12:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Salah satu makanan penutup atau dessert paling populer di dunia adalah Tiramisu. Bukan hanya lezat, Tiramisu sebagai sajian pencuci mulut ikonik dari Italia ternyata juga punya makna yang unik.

Chef pastry dan bakery Odie Jamil menjelaskan kalau Tiramisu dalam bahasa Inggris mengandung arti "cheer me up" atau "pick me up", karena dalam sepotong Tiramisu terdapat luapan cita rasa yang menggoda. "Tiramisu mudah diterima masyarakat karena rasanya yang simpel dan kompleks yang familiar dengan lidah orang Indonesia," terangnya, seperti dilansir dari antaranews.com.

"Tiramisu juga punya makna yang menarik "cheer me up" artinya begitu dimakan kita langsung merasa happy dan bersemangat lagi," sambungnya. Dari sisi sejarah chef Odie menjelaskan kalau Tiramisu mulai dikenal pada 1969, pertama kali dibuat di Italia oleh seorang chef pastry yang iseng membuat kudapan bersama asistennya.

Mulai dari situ, tiramisu kemudian booming ke seluruh negara. Meskipun begitu komponennya tetap dijaga sehinga cita rasanya tetap sama. Rasa creamy-nya pas dan tidak terlalu manis.

Rasa dasar cake tiramisu ini juga beragam, ada yang berasa kopi, stroberi, lemon, coklat, bahkan dengan campuran rum. Ada yang dibuat dalam bentuk kue dan bahkan ada yang berbentuk puding. Selain rasanya yang simpel, yang membuat Tiramisu familiar dan mudah diterima oleh masyarakat luas, adalah cara membuatnya yang mudah.

"Tidak perlu teknik baking (memanggang), tinggal campur kopi, cocoa, ditambah biskuit atau dalam bahasa Inggris ladyfinger," ujar chef Odie. Kamu sendiri termasuk penyuka tiramisu yang berasal dari Italia ini?

 

What's On Fimela