Intip Kedekatan Ahok dengan Kakak Angkatnya yang Muslim

Gadis Abdul diperbarui 16 Nov 2016, 14:40 WIB

Fimela.com, Jakarta Meskipun bukanlah kakak kandung, namun Andi Analta Baso Amir sepertinya tahu betul bahwa adik angkatnya, Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kini sangat membutuhkan dukungan. Andi terlihat berkunjung ke Mabes Polri pada Selasa (15/11/2016).

"Saya datang karena prihatin adik saya dizalimi. Adik saya dipersalahkan," kata Andi di kompleks Mabes Polri, Jakarta, seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu (16/11/2016). Namun Andi pun mengatakan bahwa dirinya sempat berpesan kepada Ahok agar mengambil pelajaran positif dari kasus dugaan penistaan agama yang kini sedang menjeratnya.

"Saya hanya kuatkan beliau, dari kejadian ini harus bisa ambil kesimpulan. Nasi sudah jadi bubur, keterlanjuran ini jangan ngotot untuk dibenarkan," kata Andi. Lalu sebenarnya sedekat apa Andi Analta, pria yang kerap menggunakan sorban dikepalanya itu dengan Ahok?

Andi telah menganggap Ahok sebagai keluarganya sendiri. Bukan cuma Andi, bahkan sang ibu pun sudah mengakui Ahok sebagai anaknya sendiri. "Belum ada yang bisa menyaingi pengorbanan ibu saya, di luar ibu kandung Ahok ya, ibu saya sama dia tidak ada pengorbanan yang lebih besar," cerita Andi.

Andi pun bercerita bagaimana ibunya yang sangat sayang dengan Ahok itu memintanya untuk diantar ke tempat pemungutan suara (TPS) saat Ahok maju memimpin Ibu Kota bersama Joko Widodo di Pilkada DKI Jakarta 2012. Padahal saat itu sang ibu, Misribu Baso Amir sedang sakit keras.

"Sampai ibu saya kondisinya sakaratul maut, saya sendiri yang bopong bawa ke mobil, lari kenceng, suruh belok dulu ke TPS untuk nyoblos anaknya Ahok," ungkap dia. Bukan satu atau dua tahun, tapi Ahok dan Andi memang sudah lama saling mengenal lantaran ayah Ahok, Indra Basuki dan ayah Andi, Andi baso Amir sudah bersahabat sejak lama.

Bahkan sebelum sang ayah mengembuskan napas terakhir, Ahok dititipkan kepada keluarga Andi Baso Amir dan Misribu agar dirawat selama di Jakarta. Saat itu, Ahok sedang mengenyam pendidikan di bangku kuliah, di Universitas Trisakti. Dalam Facebooknya Andi Analta pun terlihat mengunggah beberapa foto Ahok.

What's On Fimela