5 Cara Agar Kamu Terbebas dari Kecanduan Kopi

Floria Zulvi diperbarui 07 Jun 2017, 05:05 WIB

Fimela.com, Jakarta Kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Bahkan ada yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk menyesap cappucino yang juga tersedia di kedai biasa. Tak bisa dipungkiri memang rasanya akan jauh berbeda. Namun, bagaimana jika gaya hidup itu sudah menjadi kecanduan?

Salah satu tanda kamu sudah kecanduan kopi atau kafein adalah merasa sakit kepala ketika tidak meminumnya. Hal tersebut tentu menyulitkan apalagi ketika kamu tengah terburu-buru atau bahkan lupa sama sekali karena ada jadwal rapat di pagi hati. Jadi, ini sederet cara untuk lepas dari candu kopi seperti yang dilansir dari PureWow!

Ganti dengan teh hijau. Sama seperti kopi, teh hijau juga mengandung kafein. Meski rasanya berbeda, namun tubuh yang membutuhkan kafein lama-lama akan terbiasa. Lagi, teh hijau miliki manfaat untuk tubuh dan menyehatkan.

Konsumsi ibuprofen untuk tiga hari pertama. Tak bisa dipungkiri bahwa pecandu kopi akan merasa sakit kepala, mood tak beraturan dan kesulitan untuk berkonsentrasi ketika tak minum kopi. Sementara ibuprofen bisa membantumu. Untuk mengonsumsi ibuprofen, lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya.

Menggantinya dengan teh herbal. Secara perlahan, lebih baik mengganti kopi dengan teh herbal. Ketika tubuhmu sudah terbiasa dengan teh hijau, cobalah untuk sedikit demi sedikit menggantinya dengan teh herbal yang bebas kafein.

Tidur lebih banyak. Ketika tubuhmu tak lagi miliki kafein untuk membantu tetap terjaga, maka tak perlu menyangkal bahwa kamu lelah dan butuh tidur. Cobalah untuk memanjakan diri dengan tidur 8 jam dalam semalam. Tubuh juga perlu istirahat usai bekerja seharian.

Makan selai kacang di siang hari. Jika energimu sudah mulai habis pada pukul tiga sore, mungkin saja tubuhmu mulai merindukan kafein. Jika hal itu terjadi, cobalah untuk menyantap roti dengan selai kacang atau camilan yang penuh dengan protein. Jadi, kamu nggak perlu bergantung dengan kopi lagi kan?

What's On Fimela