Hati-hati! Hindari Makanan Yang (Diam-Diam) Tidak Sehat

Ratna Irina diperbarui 07 Okt 2011, 11:29 WIB

 

 

 

 

Scrambled Eggs with Bacon vs. Pancakes with SausagesKuning telur banyak mengandung lemak dan pastinya kolesterol, tapi sosis pun sama. Jadi pilihan sarapan yang mana yang lebih bahaya?
Tidak Sehat: Pancakes with Sausage Pancake kalah karena memiliki lebih sedikit protein dibanding telur dan bacon, sementara protein membantu meregulasikan kadar insulin. Saat insulin terlalu tinggi, bisa mempengaruhi kolesterol. Also, pancake siap saji bisa membawa tambahan ke piring kita: trans fats. Trans fats membuat pancake lebih lembut, tapi malah lebih berbahaya untuk kesehatan jantung daripada kolesterol.
Spinach Quiche vs. Eggs BenedictSiapakah pemenangnya antara sarapan spinach quiche, keju dan susu melawan eggs benedict, yang terbuat dari Canadian bacon dan saus Hollandaise?
Tidak Sehat: Eggs Benedict Quiche mengandung telur bahkan trans fat pada pie-nya. Tapi sang juara adalah Hollandaise – kuning telur kental – yang membuat Eggs Benedict tidak sehat. Quiche lebih baik, terutama kalau dibuat sendiri, sehingga bisa merendahkan kadar kolesterol dengan menambah sayuran dan memakai bahan rendah lemak untuk pie-nya.
Cornflakes dengan Skim Milk dan Pisang vs. Omelet SayuranCornflakes, skim milk dan pisang nggak ada kombinasi yang lebih sehat dari ini. Tapi omelet isinya sayuran, yang mengandung serat dan pastinya berguna untuk tubuh. Mana yang tidak sehat?
Tidak Sehat: Omelet Sayuran Cornflakes hanya menang sedikit karena susu yang digunakan bebas lemak. Kalau lebih suka omelet untuk sarapan, gunakan hanya putih telurnya saja. Sayuran berserat seperti brokoli dan kembang kol merupakan pilihan yang tepat. Semakin banyak kandungan serat semakin menyehatkan.
Ham and Cheese Sandwich vs. CheeseburgerDua-duanya sering jadi kandidat makanan nggak sehat. Terutama versi cepat sajinya. Tapi, mana yang lebih tidak sehat?
Tidak Sehat: Cheeseburger Dengan kombinasi isi yang 'hura-hura' (beef patty, cheese, bacon) cheeseburger menjadi pemenangnya. Ham dengan low-fat cheese menjadi pilihan yang lebih sehat. Tapi sebaiknya tidak usah dipanggang dan jangan tambahkan mentega.
Caesar Salad dengan Ayam vs. Salad Bayam dengan BaconAyam atau bacon; selada atau bayam? Yang mana juaranya?
Tidak Sehat: Caesar Salad dengan Ayam It's all about what you put on the salad. Dressing Caesar salad mengandung banyak lemak. Dan pada salad bayam, biasanya bacon-nya hanya sedikit. So that's the better choice. Apapun yang kamu pilih, sebaiknya minta dressing-nya dipisah. Sehingga bisa dimakan sedikit saja untuk mengurangi kalori dan lemak.
Peanut Butter and Jelly on Whole Wheat vs. Grilled Cheese on Whole Wheat Lebih bahagia mana? Basic PBJ atau grilled cheese yang hangat? Mana yang tidak sehat?
Tidak Sehat: Grilled Cheese on Whole Wheat Makanan olahan dari tumbuhan tidak mengandung kolesterol, makanya kacang lebih baik daripada keju. Walaupun peanut butter tinggi kandungan lemaknya, tapi justru merupakan lemak yang tidak jahat untuk tubuh.

Tag Terkait