BEAUTY INSIDER: Dita & Tari Pilates In Motion, Membawa Pilates ke Level Berbeda

Fimela Editor diperbarui 26 Sep 2012, 07:00 WIB
Membangun sebuah company Mendalami Pilates dengan sangat terencana dan terstruktur, untuk beberapa orang terlihat seperti sebuah misi bisnis, tapi sebenarnya ada suatu visi khusus yang kami emban. Dengan membuat sebuah studio Pilates yang memiliki jumlah pengajar yang cukup banyak dan harganya variatif, kami ingin agar Pilates menjadi olahraga yang bisa dimiliki oleh siapa saja. Studio ini setiap tahunnya mengadakan training, serta membebaskan setiap pengajar kami untuk membuka kelas Pilates privat di luar jam mengajar mereka di studio. Maksudnya adalah agar pengetahuan tentang Pilates bisa tersebar lebih banyak. Semakin banyak ilmu yang kami bagikan, kami percaya bahwa itu akan kembali lagi pada kami. Dengan makin banyaknya instruktur dan studio Pilates, kompetisi memang semakin ketat, tapi kami menyukai itu, karena berarti olahraga ini sudah mendapatkan tempat di hati orang banyak. Kami justru suka dengan kompetisi ini.
Pilates olahraga mahal? Jawabannya tergantung dari bagaimana kita membandingkan Pilates dengan olahraga yang mana. Selain itu, bagaimana kita mencari kualitas yang bagus. Dengan membayar mahal untuk mendapatkan kelas Pilates di bawah arahan saya misalnya, klien akan mendapatkan pelatihan Pilates yang telah tersertifikasi Internasional secara resmi. Nama kami berdua telah terdaftar di Peak Pilates USA yang itu sebenarnya diinginkan oleh murid untuk mencari instruktur Pilates. Lagi-lagi kualitaslah yang berbicara bila menyinggung soal harga mahal. Kekagetan tentang harga paket latihan kami, juga sering ditunjukkan oleh calon murid, dan kami nggak keberatan dengan reaksi tersebut. Namun, makin lama mindset tentang olahraga Pilates mahal bisa dikesampingkan bila sudah mengetahui manfaat olahraga ini untuk tubuh. Karena, masing-masing dari kami memiliki beberapa murid loyal yang telah berguru pada kami bertahun-tahun, dan itu secara tidak langsung membuktikan bahwa di balik labelling “olahraga mahal”, Pilates juga adiktif.
Bisnis gaya hidup sehat berbonus penampilan Beberapa klien kami yang datang adalah mereka yang memiliki masalah kesehatan. Ya, yang ideal memang sebaiknya jangan berolahraga menunggu sakit, namun kesadaran untuk hidup sehat memang tidak bisa dipaksakan dan terealisasi secepat kilat. Sejauh perkembangan Pilates di studio kami, bervariasinya usia murid menunjukkan bahwa olahraga semakin menjadi kebutuhan untuk semua orang dan itu perlu difasilitasi dengan baik. Murid saya yang termuda ada yang berusia 9 tahun, dan yang tertua ada yang berumur 60 tahun. Ingin sehat adalah alasan utama mereka untuk serius di Pilates, tapi ada bonus lain dengan fokus di olahraga ini. Pujian yang datang dari orang sekitar seakan menjadi booster yang ampuh untuk memberikan pengertian kalau hasil kerja keras mereka yang rutin akan membuahkan banyak manfaat. Dari mulut ke mulut, dari satu rekomendasi ke rekomendasi lainnya, kini murid Pilates sudah berkisar dari ibu hamil hingga perempuan dewasa. Tantangannya adalah waktu, apalagi di kota Jakarta dengan faktor jarak dan waktu bekerja. Makanya, kami pun sebagai studio Pilates, “melunakkan” peraturan dengan tidak menetapkan jadwal latihan yang strict, tapi sesuai permintaan klien. Ternyata, dengan cara ini klien merasa lebih cocok dan malah nggak bisa pindah ke studio yang lain.
Semua perempuan harus pilates! Pilates merupakan olah raga yang terfokus pada pelatihan untuk mengencangkan otot perut, panggul, pantat, bahu, lengan, paha, dan kaki. Setiap gerakan Pilates mengaktifkan sel otot bukan hanya di permukaaan namun sampai ke dalam. Semua kelenjar hormon aktif bekerja, dan ini berefek positif pada tubuh. Hasilnya, apalagi kalau bukan badan sehat dan selalu fit. Jadi selain mendapatkan bentuk tubuh dan postur yang bagus, badan jadi lebih toned, bugar, dan tentunya meningkatkan rasa percaya diri. Perempuan sekarang sudah tidak bisa dilepaskan dari stress dan berbagai kesalahan yang dilakukan dalan kegiatan sehari-hari. Sebagai contoh, salah posisi duduk atau pemakaian high heels untuk jangka waktu yang lama, menjadi pemicu berbagai gangguan kesehatan. Dengan Pilates, masalah-masalah kesehatan itu diperbaiki dan berefek dengan semakin membaiknya kualitas hidup. Hasilnya, perempuan bisa lebih memberdayakan dirinya menjadi istri, ibu,dan karyawati karena didukung dengan kondisi fisik yang kuat. Inilah yang membuat Pilates digemari oleh para perempuan. Ada keterikatan khusus antara Pilates dan perempuan, dan itu cuma bisa dirasakan ketika kamu menjalankannya secara rutin.