Pintar Atur Biaya Pernikahan, Hindari Pengeluaran yang Tidak Perlu!

Fimela Editor diperbarui 03 Feb 2016, 11:00 WIB

Jakarta Jika Fimelova sedang mengatur budget pesta pernikahan, setiap penghematan akan sangat berarti. Perhitungan yang cermat akan memudahkan perencanaan yang sudah dibuat. Coba ikuti beberapa tips ini.

1. Pilih Venue dengan Kapasitas yang Tepat

Karena jumlah tamu yang akan hadir berhubungan dengan keseluruhan biaya yang akan dikeluarkan, memilih wedding venue dengan kapasitas yang tepat akan mempermudah Fimelova. Contohnya venue yang Fimelova pilih dapat menampung 200 orang, biasanya minimum pememesanan untuk 150 orang. Jika tamu yang dating hanya 125 orang maka Fimelova tetap harus membayar sesuai dengan ketentuan.

2. Pilih Paket Dasar

Jika Fimelova mengadakan pesta pernikahan dengan tatanan meja bundar, vendor biasanya akan menawarkan penambahan paket peralatan makan dengan motif yang lebih mewah, namun tentu saja ada biaya tambahan. Dengan melewatkan penawaran ini tidak merugikan Fimelova, karena belum tentu tamu yang datang menyadari perbedaan pada piring yang lebih bermotif.

3. Teliti Berbagai Paket yang Ditawarkan

Sebelum memutuskan pilihan venue pernikahan, masih banyak yang harus kamu pertimbangkan biayanya, seperti kursi, meja, taplak, peralatan makan, pencahayaan, lampu hingga dekorasi lantai. Jika Fimelova mencoba untuk memotong budget, pilih venue yang menyediakan hal-hal diatas dalam satu paket.

4. Gunakan Kembali

Jika kamu sudah menyewa kursi, pastikan kursi tersebut dapat digunakan kembali dari mulai upacara pernikahan hingga resepsi berakhir. Coba berkonsultasi dengan tim dekorasi pernikahan untuk memberikan pengaturan yang berbeda, agar suasana upacara dan resepsi pernikahan tidak terlihat membosankan.

5. Wedding Planner

Menggunakan jasa wedding planner biasanya lebih menghemat biaya, karena jasa tersebut seringkali memiliki rekanan vendor langganan yang dapat memberikan potongan harga lebih banyak.

Pernikahan sejatinya memang harus sekali seumur hidup, maka buatlah semua berkesan. Pelajari langkah-langkah pintar di atas, Fimelova. Supaya kamu tetap bisa mempersiapkan pernikahan yang berkesan, tapi nggak perlu lewat budget.

(Azaria Lie)

What's On Fimela