Perhatikan Komposisi Obat Yang Tepat Untuk Anak

Fimela diperbarui 15 Jul 2013, 09:30 WIB

Ketika anak Anda demam, pasti Anda sangat cemas dan ingin menyembuhkannya secepat mungkin. Namun, perhatikan kandungan dan dosis obatnya ya, Ladies. Harus disesuaikan antara jenis obat dan dosisnya dengan usia si anak.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa obat yang Anda berikan aman untuk usia anak Anda agar tidak terjadi komplikasi yang semakin parah. Untuk mengetahui apakah obat yang Anda berikan tersebut aman, ada beberapa tips yang direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics dalam webmd.com.

Bacalah komposisi dan dosisnya setiap Anda akan memberikan si kecil obat. Perhatikan untuk apa obat tersebut dgunakan, seberapa banyak Anda memberikannya pada anak, sebarapa sering Anda harus memberikan, potensi reaksi obat dan efek samping apa yang akan muncul, dan kapan Anda harus menghubungi dokter.

Perhatikan komposisi aktifnya. Komposisi dalam obatlah yang akan membuat pengobatan berjalan. Perlu diingat bahwa nama dari komposisi aktif berbeda dengan merk obat yang terseda. Artinya, dua atau lebih merk yang sama bisa jadi memiliki komposisi aktif yang sama.

Jangan sampai dua merk yang berbeda dengan berbahan aktif sama diberikan pada anak secara bersamaan. Hal tersebut akan membuat anak over dosis, lho.

Berikan formulasi yang tepat. Obat memiliki formula yang berbeda untuk usia yang berbeda pula. Misalnya saja obat pereda batuk dan flu untuk anak usia 6-12 jelas berbeda dengan usia dewasa. Segera hubungi dokter jika kondisi anak semakin parah atau terjadi demam dan meriang.

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/rsk)
What's On Fimela