Menghentikan Penggunaan Alat Kontrasepsi

Fimela diperbarui 04 Sep 2013, 21:33 WIB

Untuk memperoleh kehamilan, mungkin tidak semudah yang Anda bayangkan. Pasangan yang sehat memiliki peluang 25% untuk hamil setiap bulannya. Hanya setenga dari semua pasangan yang sukses hamil setelah mencoba selama enam bulan, dan sebagian besar, sekitar 85%, akan hamil setelah satu tahun, seperti dilansir aboutkidshealth.ca.

Jika Anda berencana hamil, Anda perlu menghentikan penggunaan alat kontrasepsi. Mungkin Anda menganggap akan segera hamil setelah menghentikan penggunaan alat kontrasepsi, tapi itu tidak selalu terjadi karena seperti yang udah dijelaskan, pasangan yang tidak menggunakan alat kontrasepsi setiap bulannya hanya memiliki kesempatan 25% untuk hamil.

Kembalinya kesuburan akan tergantung pada alat kontrasepsi yang Anda gunakan:
• Pil KB
Memerlukan waktu sekitar empat minggu untuk mengembalikan siklus haid normal wanita. Dan dibutuhkan waktu rata-rata dua sampai tiga bulan untuk hamil setelah berhenti menggunakan pil KB.
• Suntik KB
Memerlukan waktu lebih lama untuk mengembalikan kesuburan dibanding pil KB karena memakan waktu lama untuk membersihkan obat dari tubuh. Kesuburan akan kembali normal sekitar 15 bulan setelh penghentian suntik KB
• Intrauterine device (IUD)
Karena IUD tidak mengganggu siklus menstruasi wanita, secara fisik wanita bisa langsung hamil setelah melepas IUD. Ada kemungkinan hamil ketika menggunakan UID, jika ini terjadi, akan ada peningkatan resiko keguguran dan kehamilan ektopik.

Oleh: Handayani Rahayuningsih

(vem/rsk)