8 Tips untuk Ber-Yoga di Rumah

Fimela diperbarui 23 Okt 2013, 12:20 WIB

Moms, apakah Anda termasuk orang yang peduli terhadap kesehatan lahir dan batin? Lalu, apa yang Anda lakukan? Rutin ber-yoga merupakan salah satu bukti bahwa Anda peduli terhadap kesehatan diri Anda. Ingin coba?

Laman ekhartyoga.com menuliskan tentang 8 tips bagi Anda yang berniat untuk ber-yoga secara rutin di rumah, dan ini dia tipsnya.

1. Ciptakan ruangan yang nyaman untuk latihan yoga. Ruangan yang nyaman berarti yang cukup luas sehingga tidak akan mengganggu latihan Anda, misalnya ketika Anda melakukan gerakan mengangkat kaki, jangan sampai kaki Anda terkena benda-benda sekitar karena berakibat cedera.

2. Persiapkan perlengkapannya, seperti matrasnya. Namun Moms, jika memang ruangan yang tersedia tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan karpet atau alas tikar sebagai gantinya.

3. Hindari cedera, jangan dipaksa. Ketika melakukan gerakan tertentu dan ternyata ada bagian tubuh Anda yang sakit, jangan dipaksakan. Coba kurangi tekanannya atau sedikit melemah. Jangan lupa melakukan pemanasan jika gerakan yang akan dilakukan cukup berat dan dalam pergantian gerakan sempatkan untuk istirahat sejenak.

4. Ketahui yang pikiran dan tubuh Anda butuhkan. Sebelum memutuskan untuk melakukan suatu gerakan, pastikan Anda tahu efeknya untuk tubuh. Bila perlu, undang seorang instruktur yoga yang banyak tahu dan bisa membimbing Anda.

5. Nikmati setiap gerakannya.

6. Pastikan tubuh selalu rileks setelah latihan selesai untuk menenangkan syaraf dan otot yang tegang selama latihan.

7. Lakukan dengan rutin. Cukup dengan sekali seminggu pada hari minggu, asalkan Anda rutin menjalaninya, meskipun itu hanya tidak lebih dari 15 menit.

8. Tunggu apa lagi? Mulailah sekarang.

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)
What's On Fimela