Pertumbuhan Janin di Minggu ke 17

Fimela diperbarui 20 Des 2013, 14:43 WIB

Saat usia kandungan Moms menginjak trimester ke dua, pasti Moms akan kaget karena sejak minggu ke 15 dan 16 janin bisa sangat aktif sekali bergerak. Di minggu ke 17, kira-kira apa ya yang dialami janin selanjutnya?

Menurut baby2see.com, di minggu ke 17, janin memiliki berat sekitar 150 gram dan panjang sekitar 14 cm. Perlu Moms ketahui kalau panjang janin diukur ketika janin menekur. Jika dalam posisi punggung lurus, panjang janin bisa menjadi sekitar 21 cm. Hampir sepanjang penggaris 30 cm lho, Moms.

Selain berat dan panjang yang bertambah, janin berusia 17 minggu bisa mengunakan sumber nutrisi lemak lebih baik. Lemak yang terbentuk di bawah jaringan kulit akan dimanfaatkan sebagai energi oleh janin.

Kini janin juga mengekskresikan zat buangan dalam bentuk padat, yang dinamakan sebagai Meconium. Meconium ini berbeda dengan feses, Moms, karena Meconium disimpan di dalam usus janin hingga nanti saatnya dia lahir.

Karena membutuhkan nutrisi yang banyak, janin berusia 17 minggu mengonsumsi air ketuban lebih banyak dibandingkan pada minggu-minggu sebelumnya. Janin mengonsumsi hingga 1 liter air ketuban per harinya, Moms.

Menarik kan, Moms?

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)
What's On Fimela