Kenali Keputihan Saat Hamil

Fimela diperbarui 18 Jun 2014, 16:40 WIB

Bunda, apakah Anda sering mengeluarkan cairan miss V dalam jumlah yang relatif banyak dari biasanya? Barangkali Bunda mengalami keputihan saat hamil. Nah, mungkin Bunda telah mengetahui bahwa itu adalah wajar karena keputihan saat hamil memang sangat sering dialami oleh kaum wanita.

Bunda, keputihan saat hamil yang sedang bunda alami itu bersifat normal, asalkan cairan yang dihasilkan berwarna bening, tidak berbau, tidak gatal, dan tidak nyeri. Keputihan seperti ini merupakan keputihan fisiologis, dan memang dapat terjadi pada semua wanita hamil di dunia.

Nah, namun jika Bunda mengalami keputihan yang menghasilkan cairan berwarna putih kekuning – kuningan, disertai rasa gatal yang tak tertahankan, maka itu adalah keputihan patologis yang disebabkan oleh jamur Candida Albicans. Hal ini sama seperti yang telang di langsir pada laman bidanku.com.

Perlu untuk Bunda ketahui, cairan keputihan yang normal seperti yang telah dilangsir pada laman konsultasisyariah.com mempunyai fungsi untuk mencegah infeksi dari miss V menyebar ke arah rahim. Namun Bunda, keadaan lembab yang dibiarkan saja akibat keluarnya cairan ini dapat menyebabkan infeksi serta pertumbuhan bakteri dan jamur.

Apabila Bunda mengalami tanda – tanda keputihan abnormal, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter ya, Bun. Pengobatan untuk keputihan abnormal perlu segera mendapatkan penanganan. Supaya infeksi yang terjadi pada miss V tidak mencapai rahim Bunda yang nantinya bisa membahayakan bagi calon buah hati Bunda.

Oleh : rosy

 

 

(vem/ver)
What's On Fimela