Penuaan Dini Apa Sebabnya?

Fimela diperbarui 24 Feb 2015, 18:05 WIB

Setiap hari tubuh kita membentuk sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang sudah mati. Pertanyaannya adalah, apakah sel-sel yang baru tadi itu lebih sehat atau sebaliknya? Bila sebaliknya, maka tubuh Anda aan mengalami regenerasi atau penuaan dini. Dan factor penting yang mempengaruhi pertumbuhan sel-sel tubuh Anda adalah makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Manakah yang tergolong tidak baik?

1. Makanan kaleng

Makanan yang diawetkan adalah makanan yang sudah mati sarat dengan lemak tapi hampa nutrisi. Kadar enzim yang berfungsi untuk membantu pencernaan sangat minim pada makanan jenis ini, dan bila Anda terus-terusan mengkonsumsinya maka ginjal Anda akan menjadi korban bahan pengawet yang digunakan.

2. Gula

Satu sendok the gula dapat menekan kadar imun dalam tubuh selama 2 jam. Gula juga menyedot kalsium sehingga menyebabkan osteoporosis, serta membuat mood Anda naik turun.

3. Alcohol

Alkohol adalah racun bagi hati, menguras bitamin B, menekan sistem imun, dan menghambat sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel-sel darah yang baru. Studi juga membuktikan bahwa alcohol memperbesar resiko penyusutan otak.

4. Kafein

Kafein sangat menyebabkan ketagihan, menekan kinerja jaringan adrenal, berpengaruh buruk pada sistem saraf sehingga meyebabkan kelelahan mental. Kafein juga menyedot kalsium, magnesium, serta fosfor.

5. Lemak dan minyak tengik

Bahan ini terdapat di buah-buahan kering dan makanan panggang, dan dapat merusak membrane sel, enzim, serta DNA. Lemak dan minyak sangat tinggi kalori, menekan sistem pencernaan dan hati, serta menaikkan kolesterol.

Well, bila Anda tak mau bermuka keriput dan berkulit kusut di usia 20-30an maka jagalah baik-baik makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Sumber: www.care2.com

(vem/ver)
What's On Fimela