Korea Selatan Punya Produk Kosmetik untuk Anak-Anak, Yay or Nay?

fitriandiani diperbarui 15 Mar 2019, 18:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Industri kecantikan di Korea Selatan memang patut diperhitungkan. Mereka berhasil menciptakan tren kecantikan tersendiri seperti misal; alis yang tebal dan rata, makeup yang light, ombre lips, juga glass skin. Kini, bahkan ada pula kosmetik untuk anak-anak.

 Beroperasi sejak 2013, ShuShu Cosmetics kini mempromosikan makeup "sehat" untuk anak-anak. Produk yang ditawarkan antara lain cat kuku yang larut dalam air, juga krayon bibir yang tidak beracun dan diklaim 'dapat dimakan'.

Tak hanya itu, ada pula anting-anting dan tattoo sticker, krim pembersih, sabut, dan sampo yang berslogan; i'm not baby.

Di spa dan salon kecantikan, anak perempuan usia 4-10 tahun bisa menikmati pengalaman spa seharga 25-35 dollar untuk treatment pijat kaki dan betis, masker dan makeup wajah, sampai manicure-pedicure.

"Moto spa kecantikan kami adalah anak-anak dapat terhubung dengan ibu mereka saat bermain dengan mereka," kata Grace Kim, manajer ShuShu Cosmetics.

2 dari 2 halaman

Pro dan Kontra

Kosmetik untuk anak-anak. (Foto: instagram.com/shushuandsassy)

Produk kosmetik dari ShuShu telah dijual di Singapore dan Thailand, dan direncanakan untuk dipasarkan ke Amerika Serikat serta negara-negara lainnya, namun tentu saja ada pro-kontra cukup keras atas penjualan produk kosmetik anak-anak ini.

Salah satu freelance MUA Korea Selatan menyatakan akan menolak permintaan klien menggunakan kosmetik pada model anak-anak. Di laman Facebooknya, ia menulis, "Tolong berhenti menggunakan gambar anak-anak berpose dengan pipi yang sangat berwarna, bibir merah, dan rambut keriting. Saya merasa aneh bahwa alat makeup yang sebenarnya telah menggantikan mainan anak-anak," seperti yang dikutip dari washingtonpost.

Bagaimana pendapat Sahabat Fimela tentang kosmetik untuk anak-anak ini?