Fakta dan Cerita Detik-Detik Sebelum Ashraf Sinclair Terkena Serangan Jantung Lalu Meninggal

Anto Karibo diperbarui 19 Feb 2020, 14:24 WIB

Fimela.com, Jakarta Masih muda dengan tampilan yang begitu segar karena kebiasaannya berolahraga, namun nyatanya Ashraf Sinclair tak bisa menolak kala maut menjemputnya. Ia menghembuskan nafas terakhir pada Selasa (18/2/2020) sekira subuh.

Kabar ini tentu saja membuat banyak orang bertanya, bagaimana bisa atau apa penyakit yang diderita? Sampai akhirnya diketahui bahwa suami Bunga Citra Lestari ini berkalang tanah karena serangan jantung.

Benar-benar mendadak, dan satupun keluarga atau kolega tak ada yang mengira. Berikut adalah urutan fakta dan cerita tentang beberapa aktivitas yang dilakukan oleh Ashraf Sinclair sebelum meregang nyawa di usia 40 tahun.

2 dari 12 halaman

Baru Pulang dari New York

Penyanyi Bunga Citra Lestari bersama suaminya Ashraf Sinclair berpose saat menikmati liburan di New York Central Park. Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, meninggal dunia di usia 40 tahun diduga akibat serangan jantung pada Selasa 18 Februari 2020 pukul 3.40 pagi. (Instagram/@bclsinclair)

Melihat dari laman Instagram Bunga Citra Lestari, bclsinclair, tampak Ashraf Sinclair beberapa waktu lalu sempat ke New York, Amerika bersama istrinya. Kebersamaan mereka pun terekam jelas dalam beberapa foto yang diunggah.

3 dari 12 halaman

Antar BCL

Penyanyi Bunga Citra Lestari bersama suaminya Ashraf Sinclair menunggu subway di New York City. Ashraf Sinclair meninggal pukul 4.51 WIB di RS MMC Kuningan. (Instagram/@bclsinclair)

Pada Senin (17/2/2020) merupakan jadwal Bunga Citra Lestari menjadi juri di ajang Indonesian Idol X. Ashraf pun mengantar sang istri ke tempat perhelatan acara.

4 dari 12 halaman

Berbincang dengan Daniel Mananta

Penyanyi Bunga Citra Lestari bersama suaminya Ashraf Sinclair saat merayakan hari pernikahnnya. Ashraf Sinclair meninggal pukul 4.51 WIB di RS MMC Kuningan. (Instagram/@bclsinclair)

Momen ketika Ashraf mengantar BCL ini diketahui dari Daniel Mananta yang menjadi host dalam program pencarian bakat tersebut. Ketika itu Ashraf meminta kepada Daniel yang lumayan datang telat, supaya cepat menyusul BCL yang sudah ada di lokasi.

5 dari 12 halaman

Berolahraga

Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram/ashrafsinclair)

Ashraf pun melanjutkan aktivitasnya dengan kegiatan yang selama ini biasa baginya yaitu olahraga. Ia diketahui sedang getol melakukan sejenis olahraga kardio high intesity interval training (HIIT), CrossFit.

Ashraf sendiri mengakhiri latihannya tersebut pada pukul 21.00 WIB. Menurut instruktur pribadinya, latihan yang dilakukan Ashraf masih bisa dikategorikan normal atau seperti biasa. Bahkan Ashraf pamitan untuk bertemu esok hari.

6 dari 12 halaman

Berbincang dengan BCL

Pasangan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair. (dok.Instagram @ashrafsinclair/https://www.instagram.com/p/BwhvpIpgc2B/Henry)

Pulang dari latihan, Ashraf pun sempat bertemu dengan istrinya, BCL yang kala itu baru pulang dari kegiatannya menjadi juri di Indonesian Idol X. Menurut Maia Estianty berdasarkan penuturan BCL, ketika itu Ashraf terlihat sehat-sehat saja.

"Sebelum meninggal, dia tidak sakit. Dia sehat enggak ada masalah (kesehatan) apapun," kata Maia Estianty.

7 dari 12 halaman

Ditinggal ke Kamar Mandi

Penyanyi Bunga Citra Lestari mencium suaminya Ashraf Sinclair saat menaiki balon udara di Melbourne. Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, meninggal dunia di usia 40 tahun diduga akibat serangan jantung pada Selasa 18 Februari 2020 pukul 3.40 pagi. (Instagram/@bclsinclair)

Ashraf yang sempat berbincang dengan BCL pun selanjutnya berbaring di tempat tidur. BCL lalu meninggalkannya sekadar untuk membersihkan muka sebagai persiapan tidur. Namun ketika BCL mencoba membangunkan Ashraf, ternyata sang suami sudah tak bisa bangun.

"Pas mau pesan mie instan, abis bersihin muka, Unge coba bangunin Ashraf, tapi enggak bangun," imbuh Maia Estianty.

8 dari 12 halaman

Langsung Meninggal

(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Senada dengan yang diungkap Maia Estianty, menurut Doddy, manajer BCL, peristiwa berlangsung sangat cepat. Pasangan ini sempat mengobrol kala BCL baru saja pulang dari Indonesian Idol X.

"Layaknya orang tidur, (BCL) ke kamar mandi ganti baju bersih-bersih. Pas (BCL) balik, Ashrafnya sudah nggak ada," katanya.

9 dari 12 halaman

Dilarikan ke Rumah Sakit

Pemakaman Ashraf Sinclair (Bambang E Ros/Fimela.com)

Melihat kondisi suaminya yang tak bergerak, BCL pun segera melarikannya ke Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC) Kuningan, Jakarta Selatan. Namun, nyatanya Ashraf Sinclair memang sudah meninggal dunia.

10 dari 12 halaman

BCL Beritahu Manajer

Bunga Citra Lestari atau BCL memeluk anaknya Noah Sinclair saat pemakaman jenazah Ashraf Sinclair di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020). Ashraf Sinclair meninggal dunia pada usia 40 tahun diduga akibat serang jantung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

BCL yang menghadapi situasi sangat menguras emosi tersebut akhirnya menguatkan diri untuk memberitahu manajernya, DOddy beberapa saat setelah Ashraf meninggal.

"Bunga cuma teks aku, Ashraf sudah enggak ada (meninggal dunia), kurang lebih kayak gitu sih. Aku sudah enggak bisa mikir, aku jalan ke sana,” paparnya.

11 dari 12 halaman

Dikebumikan di San Diego Hills

(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Kabar meninggalnya Ashraf pun akhirnya tersebar luas di kalangan keluarga, kerabat, dan juga teman. Dan sore hari, Ashraf pun dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

12 dari 12 halaman