Pulihkan Industri Pariwisata Nasional dengan tiketLIVE

Karla Farhana diperbarui 01 Feb 2021, 10:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Pandemi Corona telah memengaruhi berbagai aspek, termasuk pariwisata di Indonesia. Demi memulihkan industri pariwisata Indonesia, salah satu OTA di Tanah Air yang akan merayakan ulang tahun ke-10, tiket.com berkesempatan untuk berbincang dengan Sandiaga S. Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 

Pebicaraan ini seputar rencana untuk mendorong pemulihan industri pariwisata Indonesia yang dikemas lewat acara perdana tiketLIVE pada 25 Januari lalu. Acara ini sebenarnya sudah diluncurkan pada 2020 sebagai wadah diskusi dengan para pekerja sektor wisata. Biasanya, diskusi bertujuan untuk mengenalkan dan mendorong popularitas destinasi wisata dan menginspirasi wisatawan untuk mengunjungi destinasi tersebut saat berlibur. 

Pada tiketLIVE perdana di 2021 ini, Sandiaga mengatakan meski berlibur, namun wisatawan tetap harus mematuhi protokol kesehatan sebagai bagian dari gaya hidup.

“Walaupun pemerintah tengah menggencarkan proses vaksinasi berskala nasional, tetapi sungguh penting bagi kita bersama untuk mawas diri dalam menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi dimana pun kita berada. Tidak hanya ketika tengah berlibur, tetapi dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Selain mendukung pemulihan industri pariwisata dengan mengunjungi destinasi yang aman dikunjungi, tetapi menjadikan protokol kesehatan sebagai bagian dari gaya hidup pun adalah salah satu upaya mendukung pemulihan perekonomian Indonesia,” jelas Sandiaga. 

2 dari 3 halaman

5 destinasi super prioritas

Tiket.com mempersembahkan tiketLIVE sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk memulihkan industri pariwisata nasional.

Selain itu, Sandi juga menyampaikan adanya program untuk meng-highlight 5 destinasi wisata super prioritas. Yaitu Labuan Bajo di NTT, Mandalika di NTB, Danau Toba di Sumatera Utara, Likupang di Sulawesi Utara, dan Borobudur di Jawa Tengah. 

“Misi utama Kemenparekraf dari Bapak Presiden Joko Widodo adalah untuk membereskan pengembangan 5 destinasi super prioritas. Saya sungguh bersemangat dalam mengembangkan berbagai ide kreatif dengan dukungan kolaborasi dari para pemangku kepentingan industri pariwisata seperti tiket.com, sehingga misi ini dapat segera terwujud," jelasnya. 

Sementara, Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa menegaskan kalau pihaknya berkomitmen dan mendukung pemulihan pariwisata nasional. 

“Kami siap mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk gercepgeber, dan gaspol dengan jajaran kegiatan dan program menarik guna mendukung kampanye InDonesia Care – dalam mempromosikan desa wisata dan wisata minat khusus, serta khususnya membantu menyoroti 5 destinasi super prioritas," pungkasnya. 

#elevate women

 

3 dari 3 halaman