5 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

Gayuh Tri Pinjungwati diperbarui 22 Mar 2021, 20:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Tanggal 19 Maret merupakan peringatan hari tidur dunia. Hari tidur diperingati untuk meningkatkan kesadaran di antara orang-orang untuk mengetahui pentingnya tidur nyenyak. Meskipun hari tidur telah berlalu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui pentingnya tidur nyenyak.  Masalah tidur saat ini telah menjadi masalah utama di seluruh dunia dan orang-orang sangat menderita karenanya. Akibatnya, tingkat kesehatan dan kinerja mereka secara keseluruhan terpengaruh. Mereka juga menghadapi gangguan tidur. Nah, berikut ini adalah beberapa tips sehat yang dapat membantu Sahabat Fimela untuk mendapatkan waktu tidur malam yang berkualitas yang penting untuk menjaga kesehatan.

1. Dapatkan Paparan Sinar Matahari

Tingkatkan ekspos terhadap cahaya alami sepanjang hari. Ini akan menjaga ritme sirkadian tetap sehat dan meningkatkan energimu di siang hari serta meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Ritme sirkadian mengendalikan otak, tubuh, dan hormon kita. Ini mengarahkan tubuh sesuai waktunya untuk tidur atau tetap terjaga. Jadi, jika ritme ini sehat, pola tidur akan selalu terkendali.

2. Kurangi Eksposur Cahaya Biru

Kurangi paparan cahaya biru dari laptop, ponsel, dan perangkat elektronik lainnya. Cahaya ini memengaruhi ritme sirkadian yang kemudian membuatmu mengerti bahwa inilah saatnya untuk tetap terjaga. Akibatnya, pola tidur akan rusak. Jadi, hentikan penggunaan perangkat elektronik sebelum 1 jam tidur.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

3. Hindari Konsumsi Kafein di Malam Hari

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/chevanon

Kafein meningkatkan konsentrasimu dan membantumu tetap terjaga dan fokus untuk waktu yang lama. Jadi, lebih baik tidak minum minuman berkafein kuat setelah jam 4 sore agar tidur nyenyak. Itu bisa membuatmu tetap terjaga selama 6-8 jam.

4. Kurangi Waktu Tidur Siang

Jika ingin tidur di siang hari, maka buatlah tidur siang singkat maksimal 30 menit. Tidur berjam-jam di siang hari akan membuat jam internal dari dirimu merasa bingung. Akibatnya, dirimu akan sulit tidur di malam hari.

5. Buatlah Rutinitas Sebelum Tidur

Membuat rutinitas sebelum tidur seperti mandi air hangat, cuci muka, menggosok gigi, atau membaca buku dapat dilakukan. Ini akan menjadi kebiasaan dan menjadi jam internal sebagai tanda bahwa kegiatan tersebut mengingatkanmu untuk segera pergi tidur.

Berikut tadi adalah beberapa tips yang dapat membantu Sahabat Fimela untuk mendapatkan waktu tidur malam yang nyenyak. Mendapatkan waktu tidur yang cukup membantumu untuk meningkatkan energi keesokan harinya.

3 dari 3 halaman

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen