Tips Menyembuhkan Patah Hati dengan Cara yang Sehat

Baiq Nurul Nahdiat diperbarui 04 Jul 2021, 12:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Rasa sakit dari hubungan yang berakhir adalah salah satu yang dialami banyak orang, bahkan mungkin lebih dari sekali seumur hidup. Film dan buku membuatnya tampak mudah untuk bangkit kembali setelah patah hati. Namun, dalam kehidupan nyata, kesengsaraan hubungan biasanya tidak diselesaikan dalam dua jam seperti di layar perak, dan cerita tidak selalu memiliki akhir yang rapi. Tetapi berikut ada beberapa cara untuk mengatasi patah hati dengan cara yang sehat.

1. Jangan biarkan emosi menguasaimu

Cobalah untuk tidak melihat akhir suatu hubungan sebagai sebuah kegagalan. Alih-alih, anggap itu sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Tidak masalah apakah itu hubungan pertamamu atau apakah dirimu pernah memiliki orang lain sebelumnya. Semua orang dapat meningkatkan keterampilan hubungan mereka setelah patah hati.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

2. Merawat diri

ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Leohoho on Unsplash

Perawatan diri yang baik adalah emosional, fisik, dan spiritual. Semua orang memiliki kebutuhan unik sendiri di setiap aspek, tetapi ada beberapa tindakan perawatan diri umum yang bermanfaat bagi hampir semua orang, seperti diet bergizi, olahraga teratur, sistem dukungan sosial, dan strategi untuk mengatasi stres.

3. Jangan terjebak di masa lalu

Terkadang, kenangan baik dan buruk mungkin terasa seolah-olah mereka bermain dalam lingkaran tanpa akhir di pikiranmu. Pikiran yang mengganggu ini dapat memperlambat proses penyembuhan dan bisa sangat menyusahkan. Meskipun mungkin sulit, cobalah untuk tidak kehilangan perspektif yang positif. Tidak semua hubungan itu buruk dan tak ada hubungan yang sempurna.

3 dari 3 halaman

4. Biarkan dirimu bersedih

Ilustrasi/copyright shutterstock/wavebreakmedia

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menghadapi kesedihan dalam hidupnya. Namun ingat, membiarkan diri untuk bersedih, merasakan amarah, rasa sakit dan perasaan bersalah adalah salah satu cara menghilangkan sakit hati yang ampuh. Jadi, tak mengapa untuk membiarkan dirimu menangis dan meluapkan kesedihan dengan caramu hingga dirimu merasa tenang.

5. Hargailah kenangan indah

Bahkan jika hubunganmu berakhir dengan buruk, tak berarti semua yang terjadi adalah buruk. Merupakan hal yang normal untuk melihat kembali apa yang baik tentang itu, dan Anda mungkin menemukan bahwa kamu merindukan hal-hal tertentu tentang mantanmu dan cinta yang pernah terjalin. Kamu mungkin saat ini merasa sedih, tetapi suatu saat dirimu akan bisa menertawakan hal-hal yang terjadi di masa lalu.

Kamu mungkin tidak dapat mengubah masa lalu, tetapi kamu dapat belajar darinya. Sama seperti patah hati, pasti ada hal-hal baik yang kamu dapatkan setelahnya. Untuk mencegah kesalahan berulang biarkan dirimu tumbuh dan terus mengembangkan cinta dengan caramu.

 

#ElevateWomen