5 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Usia 40 agar Tak Menyesal

Baiq Nurul Nahdiat diperbarui 09 Jul 2021, 08:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Hidup kita terlalu berharga untuk dihabiskan hanya untuk mengutuk diri sendiri, menyesali sesuatu atau fokus pada kegagalan. Tidak harus begitu. Begitu juga, usia muda adalah masa yang berharga untuk dihabiskan pada hal-hal yang berdampak negatif pada diri sendiri. Agar tak menyesal saat memasuki usia 40, maka kamu harus melakukan hal ini di usia 20.

1. Terima apa adanya dirimu dan belajar mencintai diri sendiri

Dengan kata lain, tunjukkan belas kasihan pada diri sendiri. Para ilmuwan mengatakan itu bisa membuatmu lebih sukses. Salah satu latihan self-compassion melibatkan memperlakukan diri sendiri seperti kamu memperlakukan teman atau kolega yang mengalami kegagalan.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

2. Berani berkata ‘tidak’

ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Rio Kuncoro from Pexels

Yang terbaik adalah mempelajari keterampilan ini sekarang. Dengan begitu, kamu bisa memprioritaskan orang dan pengalaman yang benar-benar berarti bagimu. Berkata tidak bukan berarti egois, tetapi jangan mengorbakan dirimu untuk hal-hal yang membuatmu merasa tak nyaman atau dirugikan.

3. Berani mengambil risiko

Usia 20-30 adalah waktu terbaik untuk mengambil beberapa lompatan keyakinan dan mempelajari pelajaran dengan cara yang sulit. Jika kamu berhasil, maka itu adalah pencapaian yang bagus. Tetapi, jika gagal kamu memiliki kisah hebat untuk diceritakan di usia 40-an. Pada usia ini, kamu akan memiliki semua energi, keberanian, dan semangat yang dibutuhkan untuk bangkit kembali.

3 dari 3 halaman

4. Memaafkan dirimu

ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Aung Khant Maung on Unsplash

Jika kamu merasa masih belum berlaku baik pada diri sendiri maka belajarlah dari sekarang untuk memaafkan dirimu. Memaafkan dirimu atas kesalahan dan kegagalan yang pernah dilalui. Ingatlah bahwa kamu selalu memiliki hal-hal baik atas dirimu yang patut diapresiasi.

5. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain. Di era media sosial, sangat menggoda untuk menyalahkan diri sendiri jika teman menikah, memiliki anak, dan menjalani kehidupan mewah. Kita masing-masing menjalani hidup kita sendiri.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat di usia 20 agar tak menyesal di usia 40. Hal ini mungkin terlihat sederhana, tetapi memiliki dampak yang luar biasa jika bisa dibiasakan.

 

#ElevateWomen